Advertisement
Tugas-Tugas Perkembangan Manusia (Contoh Makalah)
Tugas-Tugas Perkembangan Manusia (Contoh Makalah) - Hallo sahabat
Kumpulan Makalah Lengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tugas-Tugas Perkembangan Manusia (Contoh Makalah), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Contoh Makalah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
Tugas-Tugas Perkembangan Manusia (Contoh Makalah)link :
Tugas-Tugas Perkembangan Manusia (Contoh Makalah)
Baca juga
Tugas-Tugas Perkembangan Manusia (Contoh Makalah)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam Al-Qur’an dan hadis mengisyaratkan tentang bagaimana perkembangan manusia. Hal ini bisa dibuktikan dalam kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis nabi.
Disini akan dibahas tentang psikologi perkembangan mengenai tugas-tugasnya.
Tugas dan perkembangan adalah tugas-tugas yang harus dimiliki manusia pada usia tertentu. Pemikiran baik buruknya perkembangan manusia tergantung pada kesiapan tuntunan atau tugas perkembangan sesuai usianya.
Semula psikologi lebih banyak membahas tentang bayi dan anak-anak, namun demikian pada periode selanjutnya. Psikologi perkembangan mempelajari remaja dan usia lanjut, yang pada akhirnya psikologi perkembangan mengkaji seluruh kehidupan sehingga pada masing-masing tingkat semua ini selalu berbeda tugasnya, kenapa demikian? Seorang bayi tugasnya pasti jauh berbeda dengan remaja, lanjut usia dan begitu sebaliknya.
Maka dari itu penulis akan membahas masing-masing tugas tersebut.
1.2 Rumusan Masalah
Dalam rumusan masalah ini akan dibahas tentang :
- Tugas Balita usia 0 – 5 tahun.
- Tugas masa kanak-kanak 6 – 12 tahun.
- Tugas remaja 13 – 18 tahun.
- Tugas dewasa muda 19 – 29 tahun.
- Tugas paruh remaja 30 – 60 tahun.
- Tugas lanjut usia 61 keatas.
1.3 Tujuan
Tujuan dalam makalah ini adalah untuk mengetahui tugas-tugas perkembangan mulai dari masa balita sampai lanjut usia.
BAB II
KAJIAN TEORI
Dalam Bab II ini penulis akan mengkaji tugas-tugas dari masa perkembangan balita sampai dengan lanjut usia.
2.1 Tugas – Tugas Perkembangan Balita Usia 0 – 5 Tahun
· Belajar merangkak.
· Belajar berjalan.
· Belajar makan-makan halus dan padat.
· Belajar berbicara.
· Belajar mengontrol buang air.
· Belajar tentang perbedaan jenis kelamin.
· Belajar menjalin hubungan dengan orang tua, saudara kandung, dan orang lain.
· Membentuk konsep sederhana mengenai dunia sekitar.
· Menyiapkan diri untuk membaca.
2.2 Tugas – Tugas Perkembangan Masa kanak – Kanak Usia 6 – 12 Tahun
· Menguasai kemampuan fisik dasar untuk bermain.
· Bisa bermain dengan teman sebaya.
· Membentuk sikap positif terhadap diri sendiri.
· Mempelajari peran gender yang sesuai.
· Mengembangkan kemampuan dasar dalam membaca, menghitung, dan menulis.
· Mengembangkan hati nurani, moralitas, dan sistem nilai.
· Memiliki kemandirian dasar dalam kegiatan sehari-hari.
· Mengembangkan sikap yang tepat terhadap kelompok sosial tertentu.
2.3 Tugas – Tugas Perkembangan Dari Masa Remaja Usia 13 – 18 Tahun
· Memiliki hubungan yang lebih dewasa dengan teman sebaya dari kedua jenis kelamin.
· Memiliki peran maskulin atau feminism.
· Menerima keadaan fisik yang dimiliki dan menggunakan secara efektif.
· Memiliki kemandirian emosi dari orang tua dan orang dewasa lain.
· Mengembangkan pemahaman tentang pernikahan dan kehidupan berkeluarga.
· Mulai berusaha mandiri secara ekonomik dan memiliki aktivitas menghasilkan.
· Memiliki sistem nilai dan etika sebagai panduan berperilaku.
· Menginginkan dan memiliki perilaku yang merupakan perwujudan tanggung jawab sosial.
2.4 Tugas – Tugas Perkembangan Dewasa Muda Usia 19 – 29 Tahun
· Mencari dan memiliki pasangan hidup.
· Belajar hidup bersama pasangan.
· Memulai sebuah keluarga.
· Merawat anak.
· Mengatur rumah tangga.
· Memulai jenjang karier.
· Mengambil tanggung jawab sipil.
· Menemukan kelompok sosial yang sesuai.
2.5 Tugas – Tugas Perkembangan Paruh Baya Usia 30 – 60 Tahun
· Membantu anak yang sudah remaja untuk menjadi bertanggung jawab dan bahagia.
· Menjadi warga negara dan masyarakat sosial yang bertanggung jawab.
· Mencapai dan mempertahankan performa karir yang memuaskan.
· Mengembangkan aktivitas waktu luang.
· Menjalin hubungan yang lebih intim dengan pasangan hidup.
· Menerima dan beradabtasi dengan perubahan fisik yang terjadi.
· Merawat orang tua yang sudah tua.
2.6 Tugas – Tugas Dari Perkembangan Lanjut Usia 61 Tahun Keatas
· Menyesuaikan diri dengan menurunnya kekuatan fisik.
· Menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi karena pensiun dan berkurangnya penghasilan.
· Menyesuaikan diri dengan kematian pasangan hidup.
· Menerima fakta bahwa dirinya termasuk golongan lanjut usia.
BAB III
PEMBAHASAN
Setiap fase-fase perkembangan memiliki tugas-tugas perkembangan, tugas-tugas perkembangan tersebut merupakan penghargaan atas apa yang dilakukan oleh sesorang pada masa perkembangannya. Sifat-sifat ini bersifat normative on time dan diharapkan serta diantipasi oleh individu.
Konsep tugas perkembangan yang meliputi pengetahuan, keterampilan sikap atau fungsi yang diharapkan dapat dicapai oleh penelitian pada setiap fase perkembangan baik balita, maupun kekanak-kanakan, remaja, dewasa, muda, muda dan lanjut usia. Tugas-tugas ini harus dicapai sebelum orang individu melangkah ketahapan perkembangan selanjutnya.
Apabila seorang individu gagal dalam memiliki tugas perkembangannya, maka ia akan sulit memenuhi tugas perkembangan fase selanjutnya. Atau apabila ia gagal melaksanakan tugas perkembangan pada waktu yang tepat, maka ia akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya di waktu yang lain, atau melaksanakan tugas perkembangan pada tahapan yang lebih lanjut.
Dengan memahami tugas-tugas perkembangan dari pada masa bayi maka adalah orang tua memahami Motorik seperti merangkak, berdiri, berjalan, dan perkembangan bahasa yaitu mengoceh dan mengucapkan kata.
Sementara itu tugas perkembangan masa kanak-kanak adalah berkomunikasi dengan orang lain, belajar, kemandirian, dan mempersiapkan diri masuk sekolah.
Dengan mengalami tugas perkembangan remaja maka kita seorang pendidik atau seorang dewasa yang terlibat dalam penanganan masalah remaja. Dapat motivasi remaja dan menolong remaja memenuhi tugas perkembangan.
Walaupun demikian janganlah kita sebagai pendidik menempatkan posisi sebagai tugas perkembangan ini sebagai suatu paksaan kepada remaja. Segalanya kembali kepada individu tersebut apakah ia telah menyelesaikan tugas-tugas.
Perkembangan tahap sebelumnya dengan baik dan hambatan yang dialami saat menyelesaikan tugas perkembangan yang sekarang.
Seorang remaja dalam mencapai tugas-tugas perkembangannya dapat dipisahkan kepada 3 tahap :
1. Remaja awal tugasnya adalah penerimaan terhadap keadaan fisik akan menggunakan tubuhnya seorang lebih efektif.
2. Remaja muda perkembangannya adalah mencapai kemandirian dan otonomi dari orang tua.
3. Remaja akhir tugas perkembangannya individu mencapai kemandirian seperti yang dicapai remaja muda.
Remaja
Apasih tugas perkembangan? Tugas-tugas perkembangan adalah tugas-tugas yang imanuel pada periode tertentu dalam hidup.
Paruh Baya
Apalagi tugas perkembangan pada masa penuh baya yaitu disini kita membantu anak yang sudah remaja. Untuk menjadi bertanggung jawab dan bahagia, menjadi warga negara yang baik dan mempertahankan atau meningkat karir yang supaya terjamin kelangsungan hidup dari anak dan keluarga.
Lanjut Usia
Bagaimana pula dengan tugas perkembangan dengan lanjut usia? Nah disini menyesuaikan diri dengan kekuatan fisik kekuatan fisik sedini tidak sama masa sebelumnya tapi namun pada masa ini menyesuaikan dengan berkurangnya penghasilan dan kita berusaha dengan penghasilan yang cukup bagi kelangsungan hidup kita menjelang mati.
Tenang saja, kadang-kadang tugas perkembangan terpenuhi secara alamiah tanpa kita perlu memikirkan secara sadar. Coba ingat-ingat, apakah dulu ketika balita secara sadar anda menyadari bahwa anda punya tugas perkembangan harus bisa merangkak dan berjalan? Atau ketika remaja, apakah anda yang merencanakan kapan akan mulai tertarik pada lawan jenis? Ada hal-hal yang berjalannya alamiah saja. Di sekitar kita juga ada pihak-pihak yang kerap membantu kita menyesuaikan diri. Waktu kecil, orang tua membantu kita belajar berjalan. Di usia remaja, teman dekat memberi tips bagaimana mendekati pujaan hati. Kadang-kadang perkembangan di tiap kehidupannya denganbaik. Setiap orang menjadi lebih siap menghadapi kehidupan dan semakin bisa merasakan kebahagiaan. Mungkin ini yang diperlukan untuk membangun kembali bangsa ini.
Demikian tugas-tugas perkembangan dari balita sampai lanjut usia di gambarkan dari masalah ini secara ringkas.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
- Tugas-tugas perkembangan selalu berkesinambungan seperti tugas-tugas kelas II tentu kita telah menjelaskan tugas-tugas kelas I baru mencapai kelas II.
- Tugas masa remaja adalah sama dengan masa pubertas tidak boleh terlepas dari pendidikan dan orang tua dalam menangani masalah ini.
- Masa lanjut usia menyesuaikan diri dengan perkembangan ekonominya dalam keadaan pensiun.
4.2 Saran – Saran atau Pesan
- Bagi Guru yang memegang mata pelajaran Psikologi harus dapat menyalami anak dan tugas perkembangannya.
- Bagi pembaca makalah ini penulis tentu mengalami kekurangan dan kelemahan dalam menyusunnya, penulis mengharapkan Dosen pembimbing dan pembaca mohon melengkapi isi dari makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
1. Aliah B. Purwakania Hasan. Psikologi Perkembangan Islami. Rajawali Pers. 2006
2. Prof. Dr. H. Sunanto dan Dra. Ny. B. Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta, November 2002.
Demikianlah Artikel Tugas-Tugas Perkembangan Manusia (Contoh Makalah)
Sekianlah artikel Tugas-Tugas Perkembangan Manusia (Contoh Makalah) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Tugas-Tugas Perkembangan Manusia (Contoh Makalah) dengan alamat link http://kumpulanmakalahlengakap.blogspot.com/2014/05/tugas-tugas-perkembangan-manusia-contoh.html
Tugas-Tugas Perkembangan Manusia (Contoh Makalah)