Advertisement
RPP PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN
RPP PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN - Hallo sahabat
Kumpulan Makalah Lengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
RPP PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN link :
RPP PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN
Baca juga
RPP PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN
DESKRIPSI PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : VII/1
Pokok Bahasan : PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA CAMPURAN
Materi Pokok : Pengenalan Ilmu Kimia, dan Unsur, Senyawa, Campuran
Pertemuan : 1 (Pertama)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1.1 Mendeskripsikan ruang lingkup ilmu kimia, manfaat mempelajari ilmu kimia dan pengantar ke laboratorium
1.2 Memahami klasifikasi zat
Kompetensi Dasar : 1.1.1 Untuk mengetahui dan memahami ruang lingkup kimia,manfaat dari mempelajari ilmu kimia dan cara praktikum di laboratorium
1.2.1 Membedakan unsur, senyawa dan campuran
Indikator :
· Menjelskan ruang lingkup ilmu kimia
· Mejelaskan manfaat mempelajari ilmu kimia
· Menjelaskan cara sebelum dan sesudah memasuki laboratorium
· Pengelompokkan materi menjadi unsur, senyawa dan Campuran
· Menjelaskan pengertian unsur, senyawa dan campuran
· Mengelompokkan jenis Campuran dan memberikan contohnya
· Membedakan dan memberi contoh dari unsur, senyawa dan campuran
A. Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat Mengetahui ruang lingkup ilmu kimia
· Siswa dapat mengetahui dan memahami manfaat mempelajari ilmu kimia
· Siswa dapat mengetahui cara sebelum dan sesudah memasuki laboratorium
· Siswa Dapat mngelompokkan materi menjadi unsur, senyawa dan campuran
· Siswa dapat menjelaskan definisi unsur, senyawa dan campuran
· Siswa dapat mengelompokkan jenis campuran dan memberikan contohnya
· Siswa dapat membedakan dan memberikan contoh dari unsur, senyawa dan campuran dalam kehidupan sehari-hari
B. Konsep Esensial
- Pengenalan ilmu kimia
- Perbedaan unsur, senyawa dan campuran
C. Strategi Pembelajaran
a. Model Pembelajaran : Direct Instruction dan Kooperatif Learning
b. Pendekatan Pembelajaran : Pemecahan Masalah
c. Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok dan Demonstrasi
d. Sumber Pembelajaran : Buku Paket Kimia
e. Media Pembelajaran : Papan Tulis, Lembar Kerja Siswa
f. Hasil Belajar : 1. Mengetahui pengertian, manfaat, dan Ruang lingkup dan Pemahaman Konsep Perbedaan unsur,senyawa dan campuran
2. Pemahaman Konsep Perbedaan unsur,senyawa dan campuran
D. Deskripsi Pembelajaran
Definisi Konsep | Indikator | Deskripsi Pembelajaran | KESULITAN SISWA |
Pengenalan Ilmu Kimia
| Ø Siswa diharapkan dapat Mengetahui ruang lingkup kimia Ø Siswa diharapkan dapat Mengetahui manfaat dari ilmu kimia Ø Siswa diharapkan dapat Mengetahui tentang cara sebelum dan sesudah kelaboratorium
| Kegiatan Pendahuluan · Guru membuka pelajaran dengan langsung beriteraksi dengan siswa : a. Mengucapkan salam b. berdoa c. mengecek kehadiran siswa d. apersepsi dan contoh : kalian pasti pernah melihat atau sering sekali menggunakan seperti pasta gigi,diterjen dan sampo. Nah, produk ini pastinya terbuat dari bahan apa? Yang pastinya produk ini terbuat dari bahan-bahan kimia. Jadi hari ini kita akan mempelajari tentang apa itu ilmu kimia atau mengenal apa itu ilmu kimia. e. Guru menggali pengetahuan awal siswa mengenai materi pengenalan ilmu kimia dengan menanyakan: - Apa pengertian dari ilmu pengetahuan alam ? - Manfaat mempelajari ilmu pengetahuan alam ? · Siswa diharapkan agar dapat tenang dan rapi ditempat duduknya masing – masing · Siswa diharapkan bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru Kegiatan Inti 1. Eksplorasi alian tentu pernah mendengar istilah bahan kimia, industri kimia atau istilah lain yang terkait dengan kata kimia, bukan ? Sering kali istilah “kimia” dikaitkan dengan sesuatau ang kurang bersahabat, atau sesutau ang bersifat racun. Benarkah kimia hanya seperti itu ? tentu saja tidak. Memang benar, ada bahan kimia yang bersifat racun atau berbahaya. Akan tetapi, cobalah bayangkan bagaimana kehidupan kita tanpa sabun, tanpa pasta gigi, tanpa obat-obatan,tanpa bahan tekstil, dan tanpa pestisida ? tentu tidak mungkin. Ilmu kimia pada dasarnya sangatlah berjasa dalam meningkatkan taraf hidup manusia. boleh dikatakan kita sangat dimanjakan oleh para ahli kimia melalui berbagai penemuannya. · Siswa diharapkan dapat tenang mendengarkan penjelasan dari guru · Siswa mengidentifikasi pertanyaan yang diajukan · Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut siswa bisa melihat di buku paket - Guru memotivasi dan menarik perhatian siswa dengan menunjukkan contoh produk dari bahan kimia
· Siswa belajar dengan panduan buku paket dan bimbingan guru · Siswa bisa bertanya tentang hal-hal yang kurang jelas berkaitan dengan materi yang disampaikan tadi 2. Penjelasan · guru menginformasikan kegiatan pembelajaran tentang materi pengenalan ilmu kimia · guru menjelaskan ruang lingkup dari ilmu kimia · guru menjelaskan pengertian dari ilmu kimia · guru menjelaskan bahwa ilmu kimia termasuk ilmu pengetahuan alam · guru menjelaskan bahwa ilmu kimia mepelajari susunan,struktur dan sifat-sifat materi - guru bertanya kembali kepada siswa tentang apa pengertian dari ilmu kimia
- guru mejelaskan manfaat mempelajari ilmu kimia :
- positif dan contohnya - negatif dan contohnya - guru bertanya kembali kepada siswa tentang contoh manfaat mempelajari ilmu kimia:
- positif - negatif - guru menjelaskan tentang pengantar ke laboratorium kimia :
- persiapan - mempelajari materi praktikum - hal-hal yang perlu diperlu di perhatikan selama di laboratorium - beberapa petunjuk dan larangan - simbol-simbol zat kimia berbahaya - guru bertanya kepada siswa:
- apa ada yang ingin ditanyakan ? - apa ada materi yang belum paham ? - Siswa diharapkan dapat membuka buku paket yang menyankut dengan materi pengenalan ilmu kimia
- Siswa diharapkan dapat mengerti tentang pengertian dari ilmu kimia
- Siswa diharapkan dapat mendengarkan penjelasan materi dari guru
- Siswa diharapkan dapat bertanya kepada guru jika ada materi yang belum dipahaminya
- Siswa diharapkan dapat menjawab setiap pertanyaan yang ajukan oleh guru
3.Aplikasi · Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat dalam buku paket,
Kegiatan Penutup · Guru meninjau kembali seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan. - guru bertanya kepada siswa:
- apa ada yang ingin ditanyakan ? - apa ada materi yang belum paham ? · siswa diminta untuk mengulangi atau menyimpulkan materi yang telah dibahas · guru memberikan latihan atau tugas kepada siswa yang harus dikerjakan di rumah · guru memberitau kepada siswa tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya · guru memberikan motivasi belajar bagi siswa : - jangan lupa memebaca materi yang kan dibahas selanjutnya - kerjakan PR kalian jangan menyontek - teruslah belajar · Siswa diharapkan dapat mengulangai atau menyimpulkan materi yang telah dibahas · Siswa diharapkan dapat mencatat setiap tugas yang diberikan oleh guru · Siswa diharapkan dapat mempelajari terlebih dahulu materi yang akan di bahas pada pertemuan berikutnya di rumah · Siswa diharapkan dapat termotivasi untuk dapat terus belajar setelah mendapatkan motivasi dari guru |
|
Unsur, Senyawa Dan campuran | · Siswa dapat Mengelompokkan materi menjadi unsur, senyawa dan Campuran · Siswa dapat Menjelaskan pengertian unsur, senyawa dan campuran · Siswa dapat Mengelompokkan jenis Campuran dan memberikan contohnya · Siswa dapat Membedakan dan memberi contoh dari unsur, senyawa dan campuran
| Kegiatan Pendahuluan · Guru menggali pengetahuan awal siswa mengenai konsep unsure, senyawa dan campuran dengan menanyakan: a. Definisi materi b. Penggolongan Materi c. Definisi Unsur dan Menyebutkan contoh unsur d. Definisi Senyawa dan contoh senyawa e. Definisi Campuran, jenis campuran beserta contohnya f. Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa dan Campuran
Kegiatan Inti 1. Eksplorasi Apakah kalian tahu perbedaan air aqua dengan Air Gula? Ya. Apakah kedua zat tersebut tersusun dari unsur-unsur yang sama? Tidak, Ya benar kedua zat tersebut tersusun atas materi yang berbeda. Materi sebagai segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Terdapat 3 jenis materi yaitu unsur, senyawa dan campuran.
Diskusi Kelompok Guru Membimbing siswa dalam dalam pembentukan kelompok. Satu kelompok terdiri dari dari 6 orang dari jumlah 30 siswa dikelas. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan apa pengertian unsur, senyawa dan campuran berdasarkan contoh dari masing-masing unsure, senyawa dan campuran? Contoh yang telah diberikan kepada siswa seperti air sebagai contoh senyawa , air pasir sebagai campuran , besi sebagai unsure. Berdasarkan gambaran contoh kelompok diharapkan mendiskusikan pengertian unsure, senyawa dan campuran Siswa diberikan Contoh antara air gula dengan air pasir. Dan air gula sebagai campuran homogen sedangkan air pasir sebagai campuran suspensi. Sehingga siswa dengan kelompoknya juga mendiskusikan apa perbedaan campuran homogen dan heterogen? Siswa dengan kelompoknya dalam waktu 10 menit mempresentasikan hasil diskusi tersebut. Dan Guru memberi tanggapan dari jawaban peserta didik dan memberikan penjelasan / jawaban yang benar. Menhhasilkan Diskusi sebagai berikut: 1. Unsur adalah materi yang paling sederhana yang terbentuk dari atom. 2. Senyawa adalah materi yang tersusun dari beberapa jenis unsur. 3. Campuran adalah materi yang tersusun dari beberapa komponen zat yang berbeda. Jenis Campuran Ø Larutan Adalah Campuran yang tidak dapat dibedakan lagi antara pelarut dan Zat terlarut. Contoh: Air dan Gula, Air dan Garam Ø Suspensi Adalah Campuran yang dapat dibedakan antara zat pelarut dengan pelarutnya. Contoh:air dengan pasir Ø Koloid Adalah Campuran yang terdiri dari fase terdispersi (zat terlarut) dan medium pendispersi (pelarut) Contoh: Air Tepung, Air sebagai medium pendispersi sedangkan tepung sebagai fase terdispersi 1. Perbedaan Campuran dengan senyawa a. Campuran · Komponen penyusunnya tetap · Tidak menghasilkan zat baru · Terdiri dari 2 atau lebih zat · Dibuat tanpa reaksi kimia · Sifat penyusunnya Tetap b. Senyawa · Komponen penyusunnya berubah · Menghasilkan zat baru · Dibuat dengan reaksi kimia · Terdiri dari satu jenis zat · Sifat Penyusunnya berubah
3. Aplikasi · Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat dalam LKS, yaitu memberikan empat contoh lain dari unsur, senyawa dan campuran serta penggolongan campuran.
Kegiatan Penutup · Guru meninjau kembali seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan · Guru memberikan kesimpulan tentang materi tersebut · Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan |
|
Demikianlah Artikel RPP PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN
Sekianlah artikel RPP PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel RPP PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN dengan alamat link http://kumpulanmakalahlengakap.blogspot.com/2014/05/rpp-pengenalan-ilmu-kimia-unsur-senyawa.html
RPP PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA dan CAMPURAN