Advertisement
- Hallo sahabat
Kumpulan Makalah Lengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul
, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
link :
Baca juga
Suatu Tinjauan Kasus Nilai Matakuliah Praktik Yang Tdak Muncul Pada Daftar Nilai Ujian (DNU)
Dari Sudut Pandang Kurikulum”.
(Saryanto-UPBJJ-UT Purwokerto)
5 Agustus 2015
I. Pendahuluan Kurikulum yang menjadi unsur inti program studi setiap lembaga pendidikan, mengacu pada empat komponen, yaitu : Tujuan Instruksional, Materi/Isi Mata Pelajaran, Strategi Pembelajaran, dan Evaluasi.
Hal ini sesuai dengan pendapat Ivor K. Davies (Suhendra: 2008, hal 1.4), mengatakan bahwa komponen pertama kurikulum yaitu tujuan Instruksional, menggambarkan kualitas manusia yang diharapkan terbina melalui suatu proses pembelajaran di ruang kelas. Tujuan instruksional memberikan suatu petunjuk mengenai arah perubahan perilaku siswa pada suatu mata pelajaran. Setiap kurikulum matapelajaran atau Garis - garis Besar Program Pengajaran ( GBPP) mata pelajaran telah mencantumkan tujuan instruksional umum (TIU) yang diharapkan tercapai.
Berdasar pada TIU/ kompetensi umum, maka guru mata pelajaran menjabarkannya ke be-berapa tujauan instruksional khusus (TIK) atau kompetensi khusus pada rencana pembelajaran ( RP) sesuai dengan materi pelajaran yang akan diberikannya. Selanjutnya RP tersebut oleh guru dipakai sebagai pedoman menyampaikan materi pelajaran melalui kegiatan belajar mengajar (KBM) di ruang kelas.
Kalau guru telah memilih materi pelajaran, ia berkewajiban untuk memilih metode meng-ajar atau model pembelajaran yang cocok dengan materi pelajaran tersebut. Kalau sudah sampai pada pemilihan metode mengajar, guru perlu mempertimbangkan pendekatan belajar atau stra-tegi pembelajaran yang bagaimana yang akan digunakan yang mendukung keberhasilan proses belajar siswa.
Sudjana (Suhendra: 2008, hal 1.4), mengatakan bahwa strategi pembelajaran pada hake-katnya adalah tindakan nyata dari guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( KBM) melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan efisien. Strategi pembelajaran dalam pemba-hasan ini, terkait dengan masalah cara atau sistem penyampaian isi atau materi pelajaran dalam rangka pencapaian tujuan instruksional khusus atau kompetensi khusus.
Tujuan instruksional khusus (TIK), materi pelajaran, dan alat evaluasi merupakan tri tunggal yang saling mendukung. Dalam arti bahwa dalam upaya guru mengevaluasi hasil belajar ( materi pelajaran yang dikuasai ) oleh siswa, maka alat evaluasi yang digunakan harus disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus atau kompetensi khusus yang diharapkan dikua-sai siswa.
TIK, materi pelajaran, dan alat evaluasi yang dirumuskan oleh guru dalam Rancangan Program Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan mata pelajaran diampunya. Selanjutnya RPP yang telah dibuat oleh guru sesuai dengan bidang studi ampuannya dan dipakai sebagai acuan penyampaian materi pelajaran yang diharapkan dikuasai oleh siswa melalui KBM.
TIK merupakan penjabaran dari TIU demikian pula TIU merupakan penjabaran dari tujuan institusional atau tujuan lembaga pendidikan yang diharapkan tercapai setelah siswa lulus atau tamat belajar di suatu lembaga pendidikan.
Perlu dikemukan disini bahwa di negeri kita Inonesia telah berdiri suatu lembaga pendi-dikan tinggi yang berstatus negeri yaitu Universitas Terbuka yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 tahun 1984.
UT sebagai lembaga pendidikan tinggi negeri menggunakan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar jarak jauh ( SBJJ) yang diterapkan oleh UT menekankan pada setiap mahasiswa UT untuk belajar secara mandiri.
Dengan cara belajar mandiri mahasiswa UT dilatih untuk berprakarsa, berinisiatip sendiri dalam mempelajari materi / bahan ajar, mengerjakan tugas-tugas, memantapkan keterampilan, dan menerapkan pengalaman belajarnya di lapangan atau dalam pekerjaan. Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan mahasiswa dalam mengatur waktu dan melak-sanakan belajar secara efektif. Dengan demikian diperlukan suatu sikap disiplin, inisiatip, motivasi yang kuat dimiliki oleh mahasiswa UT, agar cara belajar mandiri dapat terlaksana.
Belajar mandiri dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok dengan menggunakan bahan ajar sebagai sumber belajar yang berupa media cetak atau non cetak. SBJJ yang diterap-kan oleh UT memprioritaskan pada mahasiswa agar belajar mandiri. Namun demikian UT juga menyediakan layanan bantuan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulian belajar secara mandiri dan dalam bentuk tutorial tatap muka atau dalam bentuk tutorial Online.
UT menyediakan tutorial tatap muka (TTM) Wajib bagi mahasiswa Program Sipas ( Sistem Paket Semester) dan tutorial Atpem ( Atas Permintaan Mahasiswa) untuk mahasiswa UT regular. Mahasiswa UT Program Sipas antara lain : Mahasiswa Program S1-Pendas (S1-PGSD dan S1-PGPAUD).
Mata kuliah yang disediakan tutorial tatap muka bagi mahasiswa program S1- Pendas (S1-PGSD dan S1-PGPAUD) terdiri dari tiga pola yaitu:
1. Tutorial tatap muka yang melibatkan interaksi Mahasiswa dengan Tutor secara langsung (
TTM wajib)
2. Tutorial tatap muka yang melibatkan mahasiswa dengan tutor secara tidak langsung (
Tutorial Online).
3. Tutorial tatap muka yang mewajibkan mahasiswa mengikuti bimbingan.
Berdasar pada tutorial tatap muka bagi mahasiswa Program Pendas Pendas butir 3, yaitu tutorial tatap muka yang mewajibkan mahasiswa mengikuti bimbingan terdapat mata kuliah Praktek yang terdiri dari :
1. Pemantapan Kemampuan Mengajar/ PKM (PAUD4304 dan PDGK4209 )
2. Pemantapan Kemampuan Profesional/ PKP (PAUD4501 dan PDGK4501)
3. Matakuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan ( PDGK4306)
4. Matakuliah Praktikum IPA SD ( PDGK4109)
5. Matakuliah Pembelajaran Terpadu ( PDGK4205 dan PAUD4302)
6. Praktik Pend Jasmani danOlah raga ( PDGK4208)
7. Praktik Pembelajaran Kelas Rngkap / PKR ( PDGK4302)
8. Analisis Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini ( PAUD4504)
B. Mahasiswa UT program Non Pendas terdiri dari :
1. PBIS4304 ( Pemantapan kemampuan mengajar / PKM).
2. PEBIS4501( Pemantapan kemampuan Profesional / PKP).
Nilai mata kuliah tersebut di atas terdiri dari Nilai hasil ujian praktek dan nilai hasil penilaian laporan tertulis Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Nilai hasil ujian praktik di peroleh melalui pengurus Pokjar yang disetorkan ke UPBJJ-UT terdekat untuk di entri ke sistem penilaian komputer UT.
Berdasarkan uraian tersebut maka judul makalah ini diberi judul : “ Suatu Tinjauan Kasus Nilai Matakuliah Praktik Yang Tdak Muncul Dalam Daftar Nilai Ujian (DNU) Mahasiswa UT Dari Sudut Pandang Kurikulum”.
II. Rumusan Masalah Berdasar pada pembahasan di atas, maka rumusan masalahnya disusun sebagai berikut.
A. Apakah yang dimaksud kasus nilai matakuliah praktek ?
B. Mengapa terjadi kasus nilai mata kuliah praktek Program S1-Pendas dan Program S1- Non Pendas ?
C. Bagimana Layanan UT Terhadap Pengaduan Keluhan Nilai mata kuliah Praktek yang tidak muncul
dalam DNU ?
III. Pembahasan A. Kasus Nilai Mata Kuliah Praktek Mahasiswa Program S1-Pendas dan Non Pendas Yang Tidak Muncul pada DNU Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 tahun 1984, maka berdiri suatu lembaga pendidikan tinggi yang berstatus negeri di Negara kita Indonesia diberi nama Universitas Terbu-ka ( UT). Lembaga pendidikan tinggi ini menggunakan sistem belajar terbuka dan jarak jauh.
Sistem belajar terbuka dalam arti bahwa tidak ada pembatasan usia, ijazah, lokasi geografis, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Dengan perkataan lain di lembaga pendidikan UT tidak mengenal atau memberlakukan kepada mahasiswa UT untuk drop out.
Sudjana (Suhendra: 2008, hal 1.4), mengatakan bahwa strategi pembelajaran pada hake-katnya adalah tindakan nyata dari guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( KBM) melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan efisien. Strategi pembelajaran dalam pemba-hasan ini, terkait dengan masalah cara atau sistem penyampaian isi atau materi pelajaran dalam rangka pencapaian tujuan instruksional khusus atau kompetensi khusus.
Strategi pembelajaran yang diterapkan di UT adalah sistem belajar jarak jauh ( SBJJ) yaitu suatu sistem belajar yang menekankan pada setiap mahasiswa UT untuk belajar secara mandiri. Dengan cara belajar mandiri mahasiswa UT dilatih untuk berprakarsa, berinisiatip sendiri dalam mempelajari materi / bahan ajar, mengerjakan tugas-tugas, memantapkan keterampilan, dan menerapkan pengalaman belajarnya di lapangan atau dalam pekerjaan. Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan mahasiswa dalam mengatur waktu dan melaksanakan belajar secara efektif. Dengan demikian diperlukan suatu sikap disiplin, inisiatip, motivasi yang kuat dimiliki oleh mahasiswa UT, agar cara belajar mandiri dapat terlaksana.
SBJJ yang diterapkan oleh UT memprioritaskan pada mahasiswa agar belajar mandiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok dengan menggunakan bahan ajar sebagai sumber belajar yang berupa media cetak atau non cetak sebagai pengganti guru.
Namun demikian UT juga menyediakan layanan bantuan belajar bagi mahasiswa yang mengalami keluhan kesulian belajar secara mandiri dan dalam bentuk tutorial tatap muka. Tutor dalam melaksanakan kegiatan tutorial tatap muka perlu memilih metode atau model tutorial tertentu yang dinilai lebih efektif dan efisien. Kegiatan tutorial tatap muka ( TTM) setiap periode satu semester, dilaksanakan 8 kali pertemuan. Pada pertemuan ke-3, ke-5 dan ke-7 tutor memberikan tugas tutorial kepada mahasiswa peserta tutorial.
Materi bahan ajar yang telah dipelajari, Pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS), hasil UAS yang diharapkan tercapa oleh mahasiswa UT, merupakan tri tunggal yang saling mendu-kung. Dengan demikian UAS-UT bertujuan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam menguasai materi suatu mata kuliah. Dalam arti bahwa untuk mengetahui keberhasilan atau ketidak berhasilan hasil belajar terhadap materi pelajaran yang dikuasai mahasiswa, maka UT melaksanakan UAS atau melalui ujian praktek.
UT Pusat akan mengirimkan hasil ujian tertulis maupun prak-tek dalam waktu 10 minggu setelah hari akhir UAS ke UPBJJ-UT. Selanjutnya UPBJJ-UT akan mengirimkan hasil ujian berupa Daftar Nilai Ujian ( DNU) ke alamat mahasiswa.
Ketidak berhasilan hasil belajar yang ditunjukkan pada Daftar Nilai Ujian (DNU) akan dirasakan oleh mahasiswa UT sebagai keluhan atau kasus. Keluhan, komplent, atau kasus adalah sebuah ungkapan ketidak puasan antara harapan dengan kenyataan terhadap apa yang diterima dalam bentuk produk maupun layanan jasa. Keluhan atau kasus yang dialami oleh mahasiswa UT, dapat juga disebabkan oleh hasil Ujian Praktek, tidak muncul pada DNU.
Perlu kita ketahui bahwa mata kuliah praktek mahasiswa UT Program S1-Pendas meliputi :
A1. Mata kuliah Praktek Program S1-Pendas UT
1. Pemantapan Kemampuan Mengajar/ PKM (PAUD4304 dan PDGK4209 )
2. Pemantapan Kemampuan Profesional/ PKP (PAUD4501 dan PDGK4501)
3. Matakuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan ( PDGK4306)
4. Matakuliah Praktikum IPA SD ( PDGK4109)
5. Matakuliah Pembelajaran Terpadu ( PDGK4205 dan PAUD4302)
6. Praktik Pend Jasmani danOlah raga ( PDGK4208)
7. Praktik Pembelajaran Kelas Rangkap / PKR ( PDGK4302)
8. Analisis Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini ( PAUD4504)
A2. Mata kuliah Praktek Program S1-Non Pendas UT
Sedangkan mata kuliah praktek Program Non Pendas terdiri dari :
1. PBIS4304 ( Pemantapan kemampuan mengajar / PKM).
2. PEBIS4501( Pemantapan kemampuan Profesional / PKP).
Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 10 macam mata kuliah praktek program S1-Pendas dan S1-Non Pendas.
B. Faktor Penyebab Terjadinya Kasus Nilai Praktek Tidak Muncul UT Pusat akan mengirimkan hasil ujian tertulis maupun praktek dalam waktu 10 minggu setelah hari akhir UAS ke UPBJJ-UT. Selanjutnya UPBJJ-UT akan mengirimkan hasil ujian berupa Daftar Nilai Ujian ( DNU) ke alamat mahasiswa. Bisa terjadi mahasiswa merasa senang atau puas setelah mengetahui hasil UAS pada DNU, karena hasil belajar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Berlaku sebaliknya yaitu mahasiswa merasa tidak senang atau terjadi keluhan, komplent, atau kasus yaitu sebuah ungkapan ketidak puasan antara harapan dengan kenyataan terhadap hasil UAS pada DNU karena hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Fokus pembahasan dibatasi pada kasus nilai mata kuliah parktek yang tidak muncul pada DNU. Adapun faktor penyebab kasus tidak munculnya nilai matakuliah praktek pada DNU, antara lain :
1. Kode matakuliah praktek PKM atau PKP dientri ke sitem Aplikasi TTM salah
2. Masa registrasi yang dientri ke sitem Aplikasi TTM tidak tepat.
3. Nilai mata kuliah praktek PKM / PKP dan nilai laporan PKP belum dientri ke sitem Aplikasi TTM
ke UPBJJ terdekat.
4. Mahasiswa belum registrasi mata kuliah praktek ke UPBJJ-UT terdekat.
Perlu kita ketahui bahwa untuk mengentry nilai matakuliah PKM ( PAUD4304 dan PDGK4209) dan PKP( PAUD4501 dan PDGK4501) hanya dapat dilakukan secara manual. Perlu kita ketahui untuk mengentri secara manual diperlukan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Buka program APLIkasi TTM
2. Pilih PKM/PKP/ Praktek
3. Pilih nilai PKM/PKP, maka muncul nilai berlkut :
Masa Ujian/ Masa Registrasi
Kode Mata Kuliah
Nomor ID Pembimbing
Nim
Nilai Praktek
Nilai Laporan PKP
Simpan/ hapus
Berdasar menu di atas, maka untuk mengentry nilai mata kuliah PKM dan PKP dibutuhkan nomor ID Pembimbing. Tanpa ID Pembimbing nilai mata kuliah PKM maupun Nilai PKP tidak dapat di entri. Jika tutor belum punya nomor ID pembimbing, maka petugas entry harus membuat nomor ID pembimbing tutor tersebut. Agar dapat membuat nomor ID pembimbing maka tutor harus sudah mempunyai nomor ID Tutor.
Sedang untuk mengentri matakuliah praktek yang lain yaitu : PDGK4306, PDGK4109, PDGK4205, PAUD4302, PDGK4208, PDGK4302, PAUD4504 dapat dilakukan secara tidak manual. Perlu kita ketahui untuk mengentri mata kuliah praktek secara tdak manual diperlukan langkah-langklah seperti tersebut di bawah ini.
1. Pilih Program Axel
2 Tulis secara horizontal tabel di bawah ini.
MasaUjian, Kode Mtkl, NIM, Nilai, IDTutorial, ITutor, Kls, Tg.Mul Tut, Tgl Sel Tut, Jam/ Hari Prediksi
3. Masukan data Nilai Tutgas Tutorrial yang akan di entri.
4. Setelah Selesai :
a. Save As pada Taxt ( Tab delimeted)
b. Yes
5. Buka program APLIkasi TTM
6. Klik Brows
7. Klik Proses.
Berdasar tabel tersebut di atas, maka untuk mengentry nilai mata kuliah PDGK4306, PDGK4109, PDGK4205, PAUD4302, PDGK4208, PDGK4302, PAUD4504, diperlukan Nomor ID Tutorial. Untuk dapat memperoleh nomor ID Tutorial maka pilih menu kegiatan tutorial pada sistem Aplikasi TTM tutorial. Keunggulan dari mengentri nilai matakuliah praktek dengan sistem tidak manual adalah dengan membutuhkan waktu relative singkat dapat dientri nilai mata kuliah praktek yang banyak.
C. Layanan UT terhadap Keluhan Nilai Praktek Mahasiswa Program S1-Pendas dan Non Pendas.
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa UT Pusat akan mengirimkan hasil ujian tertulis maupun praktek dalam waktu 10 minggu setelah hari akhir UAS ke UPBJJ-UT. Ada dua kemungkinan bahwa banyak mahasiswa merasa puas terhasil hasil UAS yang terdapat dalam DNU. Akan tetapi tidak sedikit mahasiswa yang merasa kecewa atau tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
UT masih melayani mahasiswa UT yang nilai mata kuliah Prakteknya belum muncul dalam DNU, dengan cara seperti berikut.
1. Mahasiswa menyampaikan keluhan atau pengaduan mengenai nilai praktek yang tidak muncul dalam
DNU ke UPBJJ-UT terdekat,.
2. Mahasiswa atau pengurus pokjar menunjukkan bukti bahwa ada nilai matakuliah praktek belum mun-
Cul pada DNU.
3. Mahasiswa atau pengurus pokjar menunjukkan bukti biling registrasi matakuliah yang tervalidasi oleh
Bank yang terkait dengan matakuliah yang tidak muncul.
4. Masa berlakunya biling registrasi matakuliah praktek adalah empat semester.
5. Jika dalam waktu empat semester ternyata nilai matakuliah praktek tersebut tetap belum muncul, maka
pada masa regristasi berikutnya harus registrasi ulang mata kuliah tersebut..
4. Membawa bukti hasil Rekap Nilai Praktik PKM/PKP atau nilai Laporan PKP yang ditanda tangani
oleh Supervisor 1 dan 2.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa masa pengaduan kasus matakuliah berpraktek hanya berlaku dalam kurun waktu empat semester. Jadi Jika dalam kurun waktu empat semester tersebut tidak muncul, maka padamasa periode ke lima harus registrasi ulang lagi.
Sebagai wawasan bahwa UT secara umum, dan khususnya UPBJJ-UT Purwokerto telah melakukan pelayanan terhadap mahasiswa yang mengalami kasus matakuliah berprakek , dapat dilihat pada contoh tabel 1, sepertio tersebut di bawah ini.
Tabel 1. MATAKULIAH BERPRAKTIK BERKASUS YANG TELAH DIATASI/DISELESAIKAN No NIM Nama Mahasiswa Kasus Nilai Praktik Yang Belum Muncul Keterangan
Kode Mata Kuliah Masa Ujian Entri Tanggal :
No.1. NIM: 816967497, Nama: SRI WINARNI, Mata Kuliah : PDGK4306, Masa Ujian : 2013.1
Tgl entry : 21/11/2014, Penyelesaian : 27/1/2015, Berhasil dengan nilai : B
No.2. NIM: 816035026, Nama: Bambang Wijonarko, Matakuliah:PDGK4501, Masa Ujian : 2013.1
Tgl. entry : 27/11/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 3. NIM:818494571, Nama: MUSTOLIH, Matakuliah: PDGK4107, Masa Ujian : 2013.1,
Tgl entry : 12/12/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 4. NIM: 819928304, Nama : Yenni Suryani, Matakuliah : PDGK4208, Masa Ujian: 2013.1
Tgl entry: 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai C
No. 5. NIM: 822297767, Nama : Desti Katulistiyan, Matakuliah: PDGK4208, Masa Ujian : 2013.1
Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : B
No. 6. NIM.822261122, Nama : Neti Firmayanti, Matakuliah : PDGK4501, Masa Ujian : 2013.1
Tgl entry : 17/11/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 7. NIM: 820868534, Nama: Yunita Setyaningsih, Matakuliah: PDGK4205, Masa Ujian: 2013.1
Tgl entry: 06/11/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : B
No. 8. NIM: 822276494, Nama: Eka Dani Rahmawati, Matakuliah: PDGK4306 , Masa Ujian: 2013.2
Tgl entry :12/12/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 9. NIM: 822505668, Nama : Yulisniani Rofiqoh, Matakuliah: PDGK4306, Masa Ujian: 2013.2
Tgl entry:12/12/2014, Penyelesaian: 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No.10. NIM:017942834, Nama: Eli Maryuni , Matakuliah: PEBI4419, Masa Ujian : 2013.2
Tgl entry : 19/01/2015, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No.11. NIM:821913159, Nama: Ani Wahyuningsih, Matakuliah: PAUD4501, Masa Ujian: 2013.2
Tgl entry : 30/01/2015, Penyelesaian: 13/03/2015 Berhasil dengan nilai : A
No.12. NIM: 820681518, Nama: UMIRI SUSANTI, Matakuliah: PDGK4202, Masa Ujian: 2013.2
Tgl entry : 1/12/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No.13. NIM: 821777025, Nama: HersisCitraMustikaningsih, Matakuliah: PDGK4306, Masa Ujian :
Masa Ujian: 2013.2, Tgl entry: 27/10/2014, Penyelesaian: 22/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No.14. NIM: 821191204, Nama : Sri Herawati , Matakuliah: PAUD4501, Masa Ujian: 2013.2
Tgl entry : 17/11/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No.15. MIM: 017971907, Nama: Turyono, Matakuliah: PEKI4501, Masa Ujian: 2013.2,
Tgl entry : 26/01/2015, Penyelesaian : 30/01/2015 Berhasil dengan nilai : A
No.16. NIM: 822299097, Nama: Yuliana, Matakuliah: PDGK4209, Masa Ujian: 2014.1 ,
Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil dengan nilai A
No.17. NIM: 821071588, Nama : Agustin Dora Pratiwi , Matakuliah: PDGK4209,
Masa ujian : 2014.1, Tgl entry: 15/10/2014, Penyelesaian: 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No.18. NIM: 822275059, Nama : Dewi Elis Syamsiahwati, Matakuliah: PAUD4501,
Masa Ujian: 2014.1, Tgl Entry : 20/10/2014, Penyelesaian: 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No.19. NIM: 824567648, Nama : Megapujiati , Matakuliah: PAUD4501, Masa Ujian: 2014.1
Tgl entry : 20/10/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No. 20. NIM: 822033645, Nama: Wihdah Azifaturrohmah, Matakuliah: PAUD4501,
Masa Ujian: 2014.1, Tgl entry : 20/10/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil mendapat nilai : A
No.21. NIM : 821475509, Nama : Sri Rahayu , Matakuliah : PAUD4501, Masa Ujian: 2014.1
Tgl entry : 20/10/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No. 22. NIM: 821912211, Nama : Mimin Sukarmi, Matakuliah: PAUD4304 , Masa Ujian: 2014.1
Tgl entry : 12/11/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No. 23. NIM: 818433391, Nama: Faizal Nurul Amin, Matakuliah: PDGK4205, Masa Ujian: 2014.1
Tgl entry : 08/11/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : B
No. 24. NIM : 818429599, Nama : Maryami Barotun, Matakuliah : PDGK4205, Masa ujian: 2014.1
Tgl entry : 08/11/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : B
No. 25. NIM : 818429685, Nama : Siti Nurhikmah, Matakuliah: PDGK4205, Masa Ujian: 2014.1
Tgl entry : 08/11/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : B
No. 26. NIM : 818430371, Nama : Fitri Amalia, Matakuliah : PDGK4205, Masa ujian: 2014.1
Tgl entry : 08/11/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : B
No. 27. NIM : 818429599, Nama : Maryami Barotun, Matakuliah: PDGK4501, Masa Ujian: 2014.1
Tgl entry : 08/11/2014, Penyelesaian : 12/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No. 28. NIM : 823912761, Nama: INGET HERTIKARAHNA, Matakuliah : PDGK4501
Masa ujian; 2014.1, Penyelesaian : 09/03/2015 30/03/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 29. NIM: 821773415, Nama : ERNA WIDYANINGRUM S, Matakuliah: PAUD4304,
Masa Ujian : 2014.1, Tgl entry :02/03/2015, Penyelesaian : 30/03/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 30. NIM : 821671527, Nama : ZIDNI MUSTOFA, Matakuliah: PDGK4501,
Masa Ujian : 2014.1, Tgl entry : 28/11/2014, Penyelesaian : 29/12/2014 Berhasil dg nilai : A
No.31. NIM: 821475279, Nama : MUTMAINAH, Matakuliah: PAUD4501, Masa Ujian: 2014.1
Tgl entry : 28/11/2014, Penyelesaian : 29/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No. 32, NIM : 818500027, Nama : OKTY PRAMIKASARI, Matakuliah : PDGK4209,
Masa ujian : 2014.1 2/12/2014 29/12/2014 Berhasil de-ngan nilai : A
No.33, NIM : 823912761, Nama: INGET HERTIKARAHNA, Matakuliah : PDGK4205,
Masa ujian : 2014.1, Tgl entry : 12/12/2014, Penyelesaian : 29/12/2014 Berhasil dengan nilai : B
No.34. NIM : 824564327, Nama : Dalail, Matakuliah : PDGK4107, Masa ujian : 2014.1,
Tgl entry : 02/10/2014, Penyelesaian : 22/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No.35, NIM : 821474198, Nama : Dwi Susanti, Matakuliah : PDGK4501, Masa Ujian : 2014.1
Tgl entry :15/12/2014, Penyelesaian : 29/12/2014 Berhasil dengan nilai : A
No. 36, NIM : 824539251, Nama : Heru Rahmawati Ulfah, Matakuliah: PDGK4107,
Masa ujian : 2014.1, Tgl entry : 02/10/2014, Penyelesaian : 30/03/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 37, NIM : 824550461, Nama : Suyanto, Matakuliah : PDGK4107, Masa ujian : 2014.1
Tgl entry : 02/10/2014, Penyelesaian : 30/03/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 38, NIM : 821772588, Nama : Muh Syarif Nur Hidayat, Matakuliah : PDGK4501,
Masda ujian: 2014.1, Tgl entry : 27/10/2014, Penyelesaian : 30/03/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 40, NIM : 823914385, Nama : Ajis Triyono, Matakuliah : PDGK4209, Masa ujian : 2014.1
Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaia : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 41, NIM : 823093256, Nama : Anggi Fitriyani, Matakuliah : PDGK4209, Masa Ujian : 2014.1
Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 42, NIM : 823914457, Nama : Atik Rakhmawati, Matakuliah : PDGK4209, Masa ujian : 2014.1
Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 43, NIM : 823093303, Nama : Devi Agus ningtyas, Matakuliah: PDGK4209,
Masa ujian : 2014.1, Tanggal entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 44, NIM : 823914464, Nama : Dewi Dian Farida, Matakuliah : PDGK4209, Masa ujian : 2014.1
Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 45 NIM : 823093249, Nama : Edi Setiawan, Matakuliah : PDGK4209, Masa ujian : 2014.1
Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 46, NIM : 823093231, Nama : Kurnianingsih, Matakuliah : PDGK4209, Masa ujian : 2014.1
Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 47, NIM : 823914378, Nama : Nurhayati, Matakuliah : PDGK4209, Masa ujian : 2014.1
Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 48, NIM : 823914392, Nama : Sri Suwarti, Matakulaih : PDGK4209, Masa ujian : 2014.1
Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 49, NIM : 823914489, Nama : Titis Dwicahyani, Matakuliah : PDGK4209, Masa ujian : 2014.1
Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A
No. 50, NIM : 823093288, Nama : Wahyu Novita Sari, Matakuliah : PDGK4209,
Masa ujian : 2014.1, Tgl entry : 29/9/2014, Penyelesaian : 27/1/2015 Berhasil dengan nilai : A.
Berdasar pada tabel 1 di atas, dapat disimpulkan bahwa pelayanan masalah kasus mata kuliah praktek yang tidak muncul pada DNU, paling cepat waktu penyelesaian 12 hari, dan paling lambat waktu penyelesaian 3 bulan atau lebih.
IV. KESIMPULAN DAN SARANA. Kesimpulan Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut.
1. UT telah melayani penyelesaian kasus nilai mata kuliah praktek yang belum muncul
pada DNU.
2. Proses penyelesai kasus ada yang menggunakan waktu relative cepat yaitu sekitar
12 hari, tapi ada menggunakan waktu lama yaitu sekitar 3 bulan atau lebih.
B. SaranKasus nilai praktek yang belum muncul pada DNU, harap segera diproses penyelesaiannya sehingga mahasiswa merasa puas.
V. Daftar PustakaDjamaris, 1990. Pedoman Pembuatan Alat Evaluasi Bidang Studi matematika. Padang: Penerbit FMIPA
IKIP Negri Padang.
Depdiknas, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Penerbit Pusat Kurikulum, Balitbang.
Harsja W Bachtiar, 1987. Buku Pedoman Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit
Proyek Pembinaan SD, Depdikbud.
Robin Fogarty, 1991. How To Integrated The Curricula. IRI: Skylight Publishing, Inc, Palatine, Illinois.
Tim Penulis UT, 2014. Katalog Universitas Terbuka Program Pendas . Jakarta: Penerbit Universitas
Terbuka.
Demikianlah Artikel
Sekianlah artikel
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel
dengan alamat link http://kumpulanmakalahlengakap.blogspot.com/2015/08/suatu-tinjauan-kasus-nilai-matakuliah.html