, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MAKALAH PEMBELAJARAN PAI YANG PARTISIPATIF, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
PEMBELAJARAN PAI YANG PARTISIPATIF
MAKALAH
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kelompok Semester 111
Program Strata Satu (SI) Fakultas Tarbiyah
Kelompok Kelas A PAI
Mata Kuliah : Strategi Pengembangan dan Bahan Ajar PA1
Dosen :
Disusun Oleh :
1. FRENGKI AMANTO
2. NGAFI KHUSNIAWATI
3. M. IQBAL ATTOURROHMAN
4. SITI KARIMAH
5. SYAEFUL UMMAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
(STAINU) KEBUMEN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan hidayahnya, sehingga kami telah selesai menyusun makalah yang berjudul “Pembelajaran PAI yang Parsitipatif” semester III SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDATUL ULAMA (STAINU) Kebumen. Dalam kesempatan ini Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada:
1. Yth. Drs. H. Zamzuri M pd.i selaku dosen mata kuliah Strategi Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar PAI
2. Kedua orang tua yang telah mendukung Kami.
3. Kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalahini masih banyak terdapatkekurangan.Oleh karena itu Kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi sempurnanya makalah ini.
Kebumen, …………… 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ............................................................................................... i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI ........................................................................................................... iii
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah........................................................................... 1
B. Rumusan Masalah .................................................................................... 1
C. Tujuan....................................................................................................... 1
BAB II : PEMBAHASAN
A. Pengertian Pembelajaran PAI yang Partisipatif........................................ 2
B. Karakteristik Pembelajaran PAI yang Partisipatif.................................... 3
C. Peran Guru dalam Pembelajaran PAI yang Partisipatif............................ 3
BAB III : PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................................... 5
B. Saran......................................................................................................... 5
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Manusia adalah makhluk yang berpikir (homo sapiens). Setiap pemikirannya dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan. Proses perkembangan berpikir manusia tidak semudah seperti membalik telapak tangan namun membutuhkan pemikiran yang lebih jalan lagi yang hanya bisa di tempuh lewat pendidikan.
Dengan pendidikan, seseorang bisa mengetahui banyak hal terutama dalam bidang pengetahuan .
Istilah pendidikan berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari kata”PAIS” artinya anak dan “AGAIN” diterjemahkan mmbimbing.
Jadi paedagogie yaitu bimbingan yang di berikan pada anak. Hal ini memberikan pengertian bahwasannya pendidikan itu sudah di berikkan pada manusia sejak Ia lahir.
Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia pendidikan diartikan sebagai poses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan penelitian.
Penerapan Partisipatory learning dalam dunia pendidikan terutama dalam dunia pendidikan islam sangat perlu di tingkatkan karena hal itu merupakan gagasan-gagasan baru yang patut untuk di kaji dan di kembangkan lagi teori- teorinya sehingga dapat di gunakan dalam dunia pendidikan.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari Pembelajaran PAI Yang Partisipatif ?
2. Apa Karakteristik Pembelajaran PAI Yang Partisipatif?
3. Apa Saja Peran Pendidik dalam Pembelajaran Yang Partisipatif?
C. Tujuan
1. Sebagai Penempuh Tugasa Kelompok Mata Kuliah “ Strategi Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar PAI.
2. Mahasiswa mampu memperoleh gambaran tentang Pembelajaran PAI Yang Partisipatif.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pembelajaran PAI yang Partisipatif
Pembelajaran PAI yang partisipatif adalah upaya pendidik untuk mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yaitu dalam tahap perencanaan program , pelaksanaan program, dan penilaian. Partisipasi dalam tahap perencanaan adalah keterlibatan peserta didik dalam kegiatan mengidentifikasi kebutuhan belajar, permasalahan, sumber- sumber atau potensi yang tersedia dan kemungkinan hambatan dalam pembelajaran.
Partisipasi dalam tahap pelaksanaan program kegiatan pembelajaran adalah keterlibatan peserta didik dalam menciptakan iklim yang kondusif untuk belajar. Dimana salah satu iklim yang kondusif untuk kegiatan belajar- mengajar adalah pembinaan hubungan antara peserta didik dengan pendidik sehingga tercipta hubungan kemanusiaan yang terbuka, akrab, terarah, saling menghargai, saling membantu, dan saling belajar.
Partisipasi dalam tahap penilaian program pembelajaran adalah keterlibatan peserta didik dalam penilaian pelaksanaan pembelajaran maupun untuk penilaian program pembelajaran .
Penilaian pelaksanaan pembelajaran yang mencakup penilaian terhadap proses, hasil, dan dampak pembelajaran.
B. Karakteristik Pembelajaran PAI yang Partisipatif
1. Pendidik menempatkan diri pada kedudukan tidak serba mengetahui terhadap semua bahan ajar.
2. Pendidik memainkan peran untuk membantu peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
3. Pendidik melakukan motivasi terhadap peserta didik untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.
4. Pendidik menempatkan dirinya sebagai peserta didik.
5. Pendidik bersama peserta didik saling belajar.
6. Pendidik membantu peserta didik untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif.
7. Pendidik mengembangkan kegiatan pembelajaran kelompok.
8. Pendidik mendorong peserta didik untuk meningkatkan semangat berprestasi.
9. Pendidik mendorong peserta didik untuk berupaya memecahkan permasalahan yang di hadapi dalam kehidupannya.
C. Peran Guru dalam Pembelajaran PAI yang Partisipatif.
Dalam pendidikan partisipatif, peranan dan fungsi guru atau pengajar sering di sebut dengan fasilitator. Istilah fasilitator berasal dari bahasa inggris “Fasilitatation” yang akar katanya berasal dari bahasa latin “Fasilis" yang mempunyai arti membuat sesuatu menjadi mudah. Secara umum fasilitation atau fasilitasi dapat diartikan sebagai proses mempermudah sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu. Ditarik ke dalam dunia pendidikan berarti “melayani dan memperlancar aktifitas belajar peserta didik dalm pembelajaran untuk mencapai yujuan berdasarkan pengalaman”.
Sedangkan orang yang mempermudah disebut dengan “fasilitator” atau pemandu. Menjadi seorang fasilitataor tidaklah mudah, bukan hanya sekedar mengerti namun juga harus melayani, memenuhi, dan memuaskan kebutuhan peserta didik. Maka untuk menjadi fasilitator yang baik membutuhkan waktu dan pengalaman, cara yang terbaik adalah dengan belajar sambil menerapkan (learning by doing) serta memiliki cirri-ciri sebagai pribadi sebagai berikut :
Ø Kepribadian yang sangat dengan kemampuan untuk menunjukkan penerimaan terhadap peserta didik
Ø Memiliki ketrampilan social yang baik, dengan kemampuan untuk menyatukan dan mengendalikan keterlibatan di kelas.
Ø Sikap mengajar yang memunculkan dan menggunakan ide-ide serta ketrampilan siswa
Ø Mengorganisasikan kemampuan sehingga sumber daya yang ada dikelola dengan baik.
Ø Ketrampilan untuk memperhatikan dan menyelesaikan masalah siswa
Ø Memiliki kapasitas mempresentasikan subyek secara menarik dan antusias.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pembelajaran PAI yang partisipatif adalah upaya pendidik untuk mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yaitu dalam tahap perencanaan program , pelaksanaan program, dan penilaian. Partisipasi dalam tahap perencanaan adalah keterlibatan peserta didik dalam kegiatan mengidentifikasi kebutuhan belajar, permasalahan, sumber- sumber atau potensi yang tersedia dan kemungkinan hambatan dalam pembelajaran.
Karakteristik pembelajaran PAI yang partisipatif di antaranya : pendidik memainkan peran untuk membantu peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, pendidik melakukan motivasi terhadap peserta didik untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Sedangkan perab guru adalah sebagai fasilitator dalam mendidik anak didiknya.
B. Saran
1. Sebagai calon guru atau pendidik, harus mampu menerapkan baik model ataupun strategi dalam pembelajaran sehingga anak didik dapat dengan mudah menangkap materi yang diajarkan.
2. Sebagai calon guru harus memiliki karakter dan kepribadian yang baik agar menjadi guru yang professional dan patut di teladani bagi peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA
- Sudjana. 1993. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipasi dalam Pendidikan Luar Sekolah. Bandung : Nusantara Press
- Mulyasana. 2003.Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Remaja Rosdakarya