Blog Pendidikan Indonesia
Advertisement
Empat Karakteristik Guru Yang Efektif
Empat Karakteristik Guru Yang Efektif - Hallo sahabat
Kumpulan Makalah Lengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Empat Karakteristik Guru Yang Efektif, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Guru,
Artikel Tips-Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
Empat Karakteristik Guru Yang Efektiflink :
Empat Karakteristik Guru Yang Efektif
Baca juga
Empat Karakteristik Guru Yang Efektif
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses kemajuan bangsa. Guru merupakan elemen yang paling utama dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Guru bukan hanya memiliki tugas untuk mengajar saja, tetapi guru bertugas untuk mendidik, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik, baik itu mulai dari jenjang usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. (Lihat Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen).
Untuk menjalankan tugas sebagaimana undang-undang tersebut diperlukah keahlian, ketekunan, kesabaran, dan kreatifitas yang tinggi agar hasil pembelajaran dapat berjalan efektif. Menurut pendapat Davis dan Margareth A. Thomas dalam bukunya Effective Schools and Effective Teachers, Suyanto dan Djihad Hisyam (2000:29) mengemukakan tentang beberapa kemampuan guru yang mencerminkan guru yang efektif :
a. Guru yang efektif adalah guru yang memiliki kemampuan berkaitan dengan iklim kelas :
- Memiliki kemampuan interpersonal, khususnya kemampuan untuk menunjukkan empati, penghargaan kepada siswa, dan ketulusan.
- Memiliki hubungan baik dengan siswa.
- Secara tulus menerima dan memperhatikan siswa.
- Menunjukkan minat dan antusias yang tinggi dalam mengajar.
- Mampu menciptakan atmosfer untuk bekerja sama dan kohesivitas dalam kelompok.
- Melibatkan siswa dalam mengorganisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran.
- Mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam setiap diskusi.
- Meminimalkan friksi-friksi (perbedaan pendapat) di kelas jika ada.
b. Guru yang efektif adalah guru yang memiliki kemampuan terkait dengan strategi manajemen :
- Memiliki kemampuan secara rutin untuk mengahadapi siswa yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan pembicaraan, dan mampu memberikan transisi dalam mengajar.
- Mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan tingkatan berfikir yang berbeda.
c. Guru yang efektif adalah guru yang memiliki kemampuan terkait dengan pemberian umpan balik dan penguatan (reinforcement) :
- Mampu memberikan umpan balik yang positif terhadap respon siswa.
- Mampu memberikan respon yang membantu kepada siswa yang lamban belajar.
- Mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban yang kurang memuaskan.
- Mampu memberikan bantuan kepada siswa yang diperlukan.
d. Guru yang efektif memiliki kemampuan yang terkait dengan peningkatan diri : - Mampu menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara inovatif.
- Mampu memperluas dan menambah pengetahuan metode-metode pengajaran.
- Mampu memanfaatkan perencanaan kelompok guru untuk menciptakan metode pengajaran.
Demikianlah Artikel Empat Karakteristik Guru Yang Efektif
Sekianlah artikel Empat Karakteristik Guru Yang Efektif kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Empat Karakteristik Guru Yang Efektif dengan alamat link http://kumpulanmakalahlengakap.blogspot.com/2015/04/empat-karakteristik-guru-yang-efektif.html
Empat Karakteristik Guru Yang Efektif