Advertisement
Makalah Profesi Keguruan
Makalah Profesi Keguruan - Hallo sahabat
Kumpulan Makalah Lengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Makalah Profesi Keguruan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
Makalah Profesi Keguruanlink :
Makalah Profesi Keguruan
Baca juga
Makalah Profesi Keguruan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Suatu pekerjaaan yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas tinggi dalam melayani atau mengabdi pada kepentingan umum untuk mencapai kesejahteraan manusia.Keterampilan teknis yang didukung oleh pengetahuan dan sikap kepribadian tertentu yang dilandasi oleh norma norma yang mengatur perilaku anggota profesi
Profesionalisme dalam kehidupan masyarakat timbul bersama dengan perkembangan masyarakat yang makin lama makin komplek, yang dalam hal mengambil keputusan dalam suatu bidang kehidupan tidak lagi mudah, tetapi harus tepat. Pengambilan keputusan yang tepat memerlukan informasi yang lengkap dan kemampuan yang memadai agar masyarakat terlindung dari penyalahgunaan pengambilan keputusan yang sembrono oleh seorang yang bukan ahlinya. Itulah sebabnya dalam masyarakat modern bidang profesi tidak lagi terbatas
B. Rumusan Masalah
a. Apa pengertian profesi ?
b. Apa ciri- ciri dari profesi ?
C. Tujuan Penulisan
Agar kita mengetahui apa pengertian dari propesi dan cirinyanya.serta untuk menambah wawasan dan pengalaman yang luas dalam mata kuliah Profesi Keguruan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Hakikat Profesi
Pengertian profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) dari para anggotanya (Djam Satori, 2003:1.2). Pekerjaan itu tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, tetapi hanya dapat dilakukan oleh orang yang dengan sengaja dipersiapkan untuk memangku jabatan itu.Profesi adalah pekerjaan atau bidang pekerjaan yang menuntut pendidikan keahlian serta intelektual tingkat tinggi dan tanggung jawab etis yang mandiri dalam praktiknya.
Bersumber dari istilah profesi muncul istilah-istilah lain seperti profesional,profesionalisme,profesionalitas dan profesionalisasi.Dalam buku Kapita Selekta Kependidikan SD, Surya dkk,2000:4.5 – 4.9 memberikan penjelasan menganai istilah-istilah tersebut diatas sebagai berikut:Istilah Profesional mempunyai dua makna . Pertama mengacu kepada sebutan tentang orang yang menyandang suatu profesi. Kedua mengacu pada sebutan tentang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengan profesinya. Profesionalisme adalah sebutan yang mengacu pada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota/kelompok dimana suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya.Seseorang disebut profesional bila ia memenuhi beberapakriteria. Adapun kreteria itu antara lain:
1. Profesi harus memiliki keahlian khusus.
Keahlian itu tidak dimiliki oleh profesi lain.Artinya, profesi itu mesti ditandai oleh adanya suatu keahlian yang khusus untukprofesi itu. Keahlian itu diperoleh dengan mempelajarinya secara khusus; dan profesiitu bukan diwarisi. 2. Profesi dipilih karena panggilan hidup dan dijalani sepenuh waktu
.Profesi dipilih karena dirasakan sebagai kewajiban; sepenuh waktu maksudnya bukan part-time.Sebagai panggilan hidup, maksudnya profesi itu dipilih karena dirasakan itulah panggilan hidupnya, artinya itulah lapangan pengabdiannya.
3. Profesi memiliki teori-teori yang baku secara universal.
Artinya, profesi ini dijalani menurut aturan UUD yang jelas, dan dikenal umum seperti dunia pendidikan. 4. Meningkatkan dan memelihara citra profesi.
Ia berkeinginan untuk selalu meningkatkan dan memelihara citra profesi melalui perwujudan perilaku profesional.
Ciri Ciri Profesi:
a. Lebih mementingkan layanan kemanusian ideal dari pada kepentingan pribadi
b. secara relatif memerlukan waktu yang panjang untuk mempelajari konsep, prinsip, pengetahuan yang didukung keahliannya
c. membutuhkan tenaga intelektual
d. memandang profesi sebagai karir hidup
jenis kompetensi (kemampuanan)
a. profesional memiliki pengetahuan tentang subject metter yang diajarkan baik teori maupun praktek
b. personal, memiliki sikap kepribadian yang mantap
c. sosial, memiliki kemampuan berkomunikasi, berinteraksi dengan murid, guru, karyawan dan masyarakat
komponen kompetensi professional
a. guru yang profesional harus menguasai bahan ajar,
b. mengelola proses belajar dan mengajar (pembelajaran)
c. mengelola kelas, menggunakan media (sumber), menguasai landasan kependidikan, menilai prestasi siswa.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Profesi adalah bidang pekerjaan yang dalam pelaksanaan tugasnya menuntut keahlian, penggunaan tehnik-tehnik ilmiah dan dedikasi yang tinggi. Keahlian itu didapat melalui pendidikan dan pelatihan khusus dalam waktu yang lama. Suatu pekerjaan disebut profesi jika pekerjaan itu : memiliki standar untuk kerja, memiliki etika dan kode etik profesi, memiliki organisasi profesi, memiliki system imbalan, mendapat pengakuan dari masyarakat, serta pemangku jabatan profesi itu dipersiapkan melalui pendidikan dan pelatihan khusus dalam waktu yang lama
B. Kritik /Saran
Dari pembahasan di atas diharapkan bagi kita dalam menjalani profesi hendaknya dapat meningkatkan derajat keprofesionalan dalam mengajar. Selain itu profesi yang kita lakukan sangat berpengaruh dalam kemajuan peserta didik kedepannya. Maka sebagai generasi muda kita perlu bersungguh-sungguh bertanggung jawab sepenuhnya dan menguasai profesi,
Dan Kami sebagai Makalah menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini ada kekurangan,oleh karena kami mengharapkan kritik dan saran yang berbentuk membangun demi kesempurnaan makalah ini.semoga dalam pembuatan makalah selanjutnya lebih baik
Daftar Pustaka
Depdiknas, 2001. Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar, Jakarta.
Djam an Satori dkk, 2003. Profesi Keguruan 1, Universitas Terbuka.
Maman Achdiat, 1981. Pembentukan Profesional Keguruan, Penlok P3G.
Surya, HM. 2000. Kapita Selekta Kependidikan SD, Universitas Terbuka
Maman, Achdiat , 1981. Pembentukan Profesional Keguruan, Penlok P3G: 35-36 HM Surya,. 2000. Kapita Selekta Kependidikan SD, Universitas Terbuka: 90-92
Demikianlah Artikel Makalah Profesi Keguruan
Sekianlah artikel Makalah Profesi Keguruan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Makalah Profesi Keguruan dengan alamat link http://kumpulanmakalahlengakap.blogspot.com/2015/01/makalah-profesi-keguruan.html
Makalah Profesi Keguruan