Blog Pendidikan Indonesia
Advertisement
KURIKULUM
KURIKULUM - Hallo sahabat
Kumpulan Makalah Lengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul KURIKULUM, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
KURIKULUMlink :
KURIKULUM
Baca juga
KURIKULUM
MAKALAH LEF COMPUTER DOSEN PENGAMPU : NUGROHO, S.T DI SUSUN OLEH : LINA YUNITA JURUSAN : BAHASA INDONESIA SEMESTER : III (TIGA) KELAS : B REGULER NPM : 13020211028 SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN YAYASAN PENDIDIKAN MERANGIN (STKIP-YPM BANGKO) TAHUN 2015 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Evaluator kurikulum dilakukan oleh evaluator yang teleh memenuhi syarat atau kualifikasi.tidak semua orang menjadi evaluator,kecuali orang- orang yang memang benar- benar berkompeten dibelakang kurikulum.syarat- syarat tersebut antara lain adalah : a. Orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan evaluasi baik secara teoritis maupun keterampilan praktis. b. Mempunyai kecermatan yang dapat melihat celah- celah dan detil serta bagian- bagian kurikulum. Ada beberapa model dalam evaluasi kurikulum yaitu : Evaluasi kurikulum model penelitian (research Evaluation Model )Adapun model eva;luasi kurikulum ini ialah yang menggunakan penelitian berdasarkan atas teori dan metode tes psikologi ekspriment lapangan. B. Rumusan Masalah a. Apa itu evaluator kurikulum ? b. Apa- apa saja model dari evaluasi kurikulum tersebut? C. Tujuan Agar kita mengetahui apa itu evaluator kurikulum dan bagaiman model evaluasi kurikulum tersebut. BAB II PEMBAHASAN Evaluator Kurikulum dan Model Evaluasi Kurikulum A. Evaluator Kurikulum Evaluator kurikulum dilakukan oleh evaluator yang teleh memenuhi syarat atau kualifikasi.tidak semua orang menjadi evaluator,kecuali orang- orang yang memang benar- benar berkompeten dibelakang kurikulum.syarat- syarat tersebut antara lain adalah : c. Orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan evaluasi baik secara teoritis maupun keterampilan praktis. d. Mempunyai kecermatan yang dapat melihat celah- celah dan detil serta bagian- bagian kurikulum. e. Bersikap objektif dan tidak mudah terpengaruh oleh keinginan dan kepentingan pribadi, sehingga dapat mengambil data dan kesimpulan yang sesuai dengan ketentuan. f. Sabar,tekun dan tidak gegabah dalam menjalankan tugas mulai perancanaan kegiatan,menyusn instrument,mengumpulkan data dan menyusun laporan. g. Hati- hati dalam mengerjakan pekerjaan evaluasi dan bertangung jawab terhadap segala tugas dan resiko kesalahan yang diperbuat. Evaluator kurikulum dapat diflikasikan menjadi dua macam yaitu,evaluator dalam (internal avaluator) dua evaluator luar (externar evaluator). Evaluator dalam adalah pelaksanakan evaluasi kurikulum yang sekaligus berasal dari lembaga yang akan dievaluasi.sedangkan evaluator luar adalah evaluator yang berasal dan berada diluar lembaga yang akan di evaluasi dan tidak terlibat dalam amplementasi kurikulum B. Model –Model Evaluasi Kurikulum Ada beberapa model dalam evaluasi kurikulum yaitu : a. Evaluasi kurikulum model penelitian (research Evaluation Model ) Adapun model eva;luasi kurikulum ini ialah yang menggunakan penelitian berdasarkan atas teori dan metode tes psikologi ekspriment lapangan. b. Model evaluasi kurikulum yang beroriantasi pada tujuan ( goal/objective oriented evaluation model ) Dalam model goal objective oriented evaluasion,evaluasi merupakan bagian yang sangat penting dari proses pengembangan kurikulum.kurikulum tidak dibandingkan dengan kurikulum lain akan tetapi akan diukur dengan seperangkat tujuan atau kopetensi tertentu. c. Model evaluasi yang lepas dari tujuan Menurut pendapat scriven,seorang evaluator tidak perlu memperhatikan apa yang amenjadi tujuan pembelajaran,yang paling penting di ketahui ilah bagaimana kerjanya.caranya dengan memperhatikan dan mendifiksikan penampilan yang terjadi baik hal- hal positive yang diharapkan yang diharapkan maupun hal- hal yang negative yang tidak diharapkan. d. Model campuran multifariasi Model campuaran multifariasi adalah strategi evaluasi yang menyatukan unsure- unsure dari beberapa model evaluasi kurikulum.model ini memungkinkan perbandingan lebih dari satu kurikulum dan secara serempak keberhasilan tiap kurikulum diatur berdasarkan khusus dari masing- masing kurikulum. e. Model Evaluation Programs por Innovative Currikulums Model ini mengambarkan keseluruh program evaluasi kurikulum dalam sebuah kubus.kubus tersebut memiliki tiga bidang, bidang pertama adalah prilaku.bidang kedua adalah pembelajaran,yang meliputi organisasi,materi,metode fasilitas atau sarana,dan pendanaan.bidang ketiga adalah kelembagaan yang meliputi guru,murid, admistrator,tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat. f. Model cipp Model ini memandang bahwa kurikulum yang diavaluasi adalah sebuah system,maka apabila evaluastor tel;ah menentukan untuk menggunakan model cipp.model ini mengemukakan bahwa untuk melakukan penilaian terhadap program pendidikan dipperlakukan 4 macam jenis penilaina yaitu : 1) Penilaian konteks 2) Penilaian masukan 3) Penilaian proses 4) Penilaian keluaran yang memberikan data sebagai bahan pembuatan keputusan g. Model Ten brink Ten Brink mengemukan adanya 3 tahap Evaluasi kurikulum yaitu : 1) Persiapan 2) Tahap pengumpulan data 3) Tahap penelitian h. Model Pendekatan Proses Evaluasi kurikulum model pendekatan proses tumbuh dan berkembang secara kualitatif,yang menjadi pendekatan yang penting.karektaristik model ini adalah: 1) Kerekteria yang digunakan untuk evaluasi tidak dikembangkan sebelum pelaksana (evaluator ) berada langsung dilapangan. 2) Sangat peduli dengan masalah yang dihadapi oleh para pelaksana kurikulum 3) Evaluasi yang dilakukan terhadap kurikulum merupakan satu kesatuan yang utuh tidak terpecah belah dalam bagian tertentu. BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Evaluator kurikulum ialah sesuatu dilakukan oleh evaluator yang teleh memenuhi syarat atau kualifikasi.tidak semua orang menjadi evaluator,kecuali orang- orang yang memang benar- benar berkompeten dibelakang kurikulum tersebut. Model- model nya ialah : Evaluasi kurikulum model penelitian (research Evaluation Model ,Model evaluasi kurikulum yang beroriantasi pada tujuan goal/objective oriented evaluation model,Model evaluasi yang lepas dari tujuan. B. Saran Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Demikianlah Artikel KURIKULUM
Sekianlah artikel KURIKULUM kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel KURIKULUM dengan alamat link http://kumpulanmakalahlengakap.blogspot.com/2015/01/kurikulum.html
KURIKULUM