Advertisement
BENTUK KOMUNIKASI ONLINE
BENTUK KOMUNIKASI ONLINE - Hallo sahabat
Kumpulan Makalah Lengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul BENTUK KOMUNIKASI ONLINE, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
BENTUK KOMUNIKASI ONLINElink :
BENTUK KOMUNIKASI ONLINE
Baca juga
BENTUK KOMUNIKASI ONLINE
BAB II PEMBAHASAN BENTUK KOMUNIKASI MODERN A. Bentuk komunikasi on-line dalam pembelajaran On line adalah adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar,yangmna Komunikasi online suatu sistem komunikasi seseorang yang terhubung dengan jaringan (network) yang lebih besar seperti Internet, atau sedang terhubung dengan orang lain melalui sambungan telepon.Komunikasi online juga dapat mennyampaiakan pesan dan penerimaan pesan menggunakan teks, audio maupun visual melalui media elektronik dalam sebuah jaringan internet,Komunikasi online adalah komunikasi menggunakan media internet dapat dilakukan melalui website. Bentuk komunikasi on-line yangmana Teknologi diadaptasikan pada segala aspek kehidupan, membuat hidup jadi lebih mudah dan menarik. Teknologi pun sedemikian rupa diaplikasikan untuk dunia pendidikan. banyak sekolah, universitas dan institusi pendidikan lainnya yang menawarkan pendidikan jarak jauh via internet. Bahkan, beberapa dari mereka hanya menawarkan pendidikan online, dan menjadi institusi virtual. Dalam belajar mengajar bisa menemukan dengan mudah berbagai situs pendukung pendidikan online. Integrasi pendidikan online memberikan manfaat lebih dibanding kelas tradisional. Melalui kelas virtual bisa berhubungan langsung dengan pengajar, berdiskusi, memberikan komentar, penjelasan atau semua jenis aktivitas lainnya yang biasa dilakukan di kelas biasa. Namun, keunggulannya, semua hal ini sekarang bisa dilakukan kapanpun dari manapun di seluruh dunia, hanya dengan koneksi internet. selanjutnya berkembang, kita belajar dengan powerpoint presentation, penggunaan komputer lebih lanjut, dan pemanfaatan internet untuk sumber informasi. Idealnya, kenapa tidak menggabungkan kedua hal ini agar semua bisa lebih mudah? Inilah yang ditawarkan oleh pendidikan virtual, dan hal ini juga yang menjadi alasan kenapa belajar online menjadi populer belakangan ini. Dunia pendidikan online telah membuat proses belajar menjadi proses yang lebih menarik, kaya akan peluang, keleluasaan dan kenyamanan. Biayapun bukan menjadi masalah lagi dengan begitu banyaknya platform, organisasi dan individual yang peduli akan hal ini dengan memeberikan tool dan layanan gratis.karena yang dibutuhkan hanyalah computer dengan koneksi internet. Namun, terlepas dari semua peluang dan perkembangan ini, semua akan berbalik lagi pada masyarakatnya. Dibutuhkan keinginan dan ketertarikan pelajar untuk mulai memanfaatkan teknologi untuk belajar online, dan kemampuan para pengajar untuk beradapatasi dengan perkembangan teknologi, sehingganya pendidikan online akan terus berkembang danmenjadi lebih baik. B. Bentuk Komunikasi Kelompok Kecil Dalam Pembelajan Kelompok Kecil merupakan sekumpulan perorangan yang relatif kecil yang masing-masing di hubungkan oleh beberapa tujuan yang sama dan mempunyai derajat organisasi tertentu di antara mereka. Sedangkan bentuk komunikasi kelompok kecil dalam pembelajaran Mengajar kelompok kecil dan perorangan merupakan bentuk mengajar klasikal biasa yang memungkinkan guru dalam waktu yang sama menghadapi beberapa kelompok kecil yang belajar secara kelompok dan beberapa orang siswa yang bekerja atau belajar secara perorangan. Format mengajar ini ditandai oleh adanya hubungan interpersonal yang lebih akrab dan sehat antara guru dengan siswa, adanya kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan, minat, cara, dan kecepatannya, adanya bantuan dari guru, adanya keterlibatan siswa dalam merancang kegiatan belajarnya, serta adanya kesempatan bagi guru untuk memainkan berbagai peran dalam kegiatan pembelajaran. setiap guru dapat menciptakan format pengorganisasian siswa untuk kegiatan pembelajaran kelompok kecil dan perorangan sesuai dengan tujuan, topik (materi), kebutuhan siswa, serta waktu dan fasilitas yang tersedia. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan perlu dikuasai guru karena penerapannya dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda. Selain itu, pembelajaran kelompok kecil dan perorangan memberi kemungkinan terjadinya hubungan interpersonal yang sehat antara guru dengan siswa, terjadinya proses saling belajar antara siswa yang satu dengan lainnya, memudahkan guru dalam memantau pemerolehan belajar siswa, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dapat menumbuhkembangkan semangat saling membantu, serta memungkinkan guru dapat mencurahkan perhatiannya pada cara belajar siswa tertentu sehingga dapat menemukan cara pendekatan belajar yang sesuai bagi siswa tersebut. Komponen keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil mencakup • memusatkan perhatian siswa • memperjelas pendapat siswa • menganalisis pandangan siswa • meningkatkan kontribusi siswa • mendistribusikan pandangan siswa • menutup diskusi Dalam penerapannya, guru harus memperhatikan hal-hal berikut: • harus ada kesamaan latar belakang pengetahuan di antara para anggota kelompok • semua anggota diskusi kelompok harus mampu mengemukakan pendapatnya secara lisan • topik yang dibahas harus bersifat terbuka untuk menampung banyak pendapat • diskusi harus berlangsung dalam suasana keterbukaan • pelaksanaan diskusi harus mengingat keunggulan dan kelemahan-kelemahannya • diskusi memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang • guru harus mampu mencegah timbulnya hal-hal yang dapat menghambat jalannya diskusi C. Bentuk Komunikasi Exposisi Dalam Pembelajaran Komunikasi Eksposisi adalah komunikasi yang isinya sebuah paparan atau penjelasan dengan tujuan memberikan informasi dan memperluas pengetahuan kepada komunikan.Komunikasi eksposisi digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, menjelaskan atau memberikan pengertian dalam suatu materi pelajaran tertentu kepada anak didik. Menjelaskan merupakan tindakan yang banyak dilakukan, terutama oleh guru,dimana guru memberikan informasi sedemikian rupa sehingga siswa benar-benarmengerti dan memahami apa yang diinformasikan oleh guru. Keterampilan menjelaskan sangat penting bagi guru karena sebagian besar percakapan guru yang mempunyai pengaruh terhadap pemahaman siswa adalah berupa penjelasan. Penguasaan keterampilan menjelaskan yang didemonstrasikan guru akan memungkinkan siswa memiliki pemahaman yang mantap tentang masalah yang dijelaskan, serta meningkatnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan komunikasi eksposisi : • membantu siswa untuk memahami rumus, dalil, dan prinsip • melibatkan siswa untuk berfikir • mendapatkan balikan mengenai pemahaman siswa • membimbing siswa dalam proses belajar untuk memecahkan masalah. Beberapa bentuk komunikasi exposisi yang perlu diperhatikan:oleh pendidik • penjelasan harus relevan denngan tujuan kegiatan belajar-mengajar • penjelasanharus sesuai dengan tingkat kemampuan dan latar belakang siswa • penjelasan harus sesuai dengan usia siswa • penjelasan harus bermakna bagi siswa. Komponen keterampilan mengajar menggunakan komunikasi eksposisi yaitu Merencanakan materi penjelasan yang mencakup: • menganalisis masalah • menentukan hubungan, serta • menggunakan hukum, rumus, dan generalisasi yang sesuai. • Menyajikan penjelasan, yang mencakup: 1. kejelasan, yaitu keterampilan yang erat kaitannya dengan penggunaan bahasa lisan 2. penggunaan contoh dan ilustrasi, yang bisa dilakukan dengan pola induktif atau deduktif 3. pemberian tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya mengajar, dan membuat struktur sajian, dan 4. balikan, yang bertujuan untuk mendapat informasi tentang tingkat pemahaman siswa, baik melalui pertanyaan mapun melalui tugas. Penjelasan dapat diberikan pada awal, tengah, dan akhir pelajaran, dengan selalu memperhatikan karakteristik siswa yang diberi penjelasan serta materi/ masalah yang dijelaskan. D. Bentuk Komunikasi Bersuasif Dalam Pembelajaran Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang bertujuan untuk merubah atau mempengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator/pendidik.Pada tahap ini guru mulai membangun suasana dengan komunikasi verbal dengan cara menyapa terlebih dahulu dan diikuti pertanyaan-pertanyaan "ritual" yang dilakukan sebagaimana umumnya dengan tujuan mendapatkan respon empati dari siswa BAB III PENUTUP A. Kesimpulan On line adalah adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar, yangmna Komunikasi online suatu sistem komunikasi seseorang yang terhubung dengan jaringan (network). Bentuk komunikasi on-line yangmana Teknologi diadaptasikan pada segala aspek kehidupan, membuat hidup jadi lebih mudah dan menarik Teknologi pun sedemikian rupa diaplikasikan untuk dunia pendidikan. banyak sekolah, universitas dan institusi pendidikanmenawarkan pendidikan jarak jauh via internet. Bahkan, beberapa dari mereka hanya menawarkan pendidikan online,bisa menemukan dengan mudah berbagai situs pendukung pendidikan onlineMelalui kelas virtual bisa berhubungan langsung dengan pengajar, berdiskusi, memberikan komentar, penjelasan atau semua jenis aktivitas lainnya yang biasa dilakukan di kelas dengan koneksi internet. kita belajar dengan powerpoint presentation, penggunaan komputer lebih lanjutpendidikan online telah membuat proses belajar menjadi proses yang lebih menarik, kaya akan peluang, keleluasaan dan kenyamanan.Sedangkan bentuk komunikasi kelompok kecil dalam pembelajaran Mengajar kelompok kecil dan perorangan merupakan bentuk mengajar klasikal biasa yang memungkinkan guru dalam waktu yang sama menghadapi beberapa kelompok kecil yang belajar secara kelompok dan beberapa orang siswa yang bekerja atau belajar secara perorangan. Komunikasi eksposisi digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, menjelaskan atau memberikan pengertian dalam suatu materi pelajaran tertentu kepada anak didik. Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang bertujuan untuk merubah atau mempengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan Daftar Pustaka Effendy, Onong Uchjana, Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:Grasindo.Rosdakarya Cangara, Hafidz,2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada. Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda. Sendjaja,Sasa Djuarsa,1994,Pengantar Komunikasi,Jakarta:Universitas Terbuka. Wiryanto, 2005,
Demikianlah Artikel BENTUK KOMUNIKASI ONLINE
Sekianlah artikel BENTUK KOMUNIKASI ONLINE kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel BENTUK KOMUNIKASI ONLINE dengan alamat link http://kumpulanmakalahlengakap.blogspot.com/2015/01/bentuk-komunikasi-online.html
BENTUK KOMUNIKASI ONLINE