Advertisement
PENGANTAR PENDIDIKAN DASAR
PENGANTAR PENDIDIKAN DASAR - Hallo sahabat
Kumpulan Makalah Lengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PENGANTAR PENDIDIKAN DASAR, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
PENGANTAR PENDIDIKAN DASARlink :
PENGANTAR PENDIDIKAN DASAR
Baca juga
PENGANTAR PENDIDIKAN DASAR
contoh soal pengantar pendidikan dasar
SOAL
1. Tuliskan tujuan pendidikan nasional menurut Undang-Undang No 20, tahun 2003?
Jawab: Dalam Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3 menyebutkan, "Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab."
2. Sebutkan dan jelaskan secara singkat 3 aspek yang ada pada tujuan pendidikan nasional secara umum !
Jawab : a. Kognitif
Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif.
b. Afektif
Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai.
c. Psikomotorik
Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.
3. Bagaimana peran orangtua dalam perkembangan peserta didik?
Jawab : Peran orangtua dalam pendidikan tidak dapat dipisahkan dari tugas manusia secara umum. Pendidikan pertama dan utama di dapatkan dari lingkungan keluarga karena keluarga merupakan orang yang paling dekat dan pengaruhnya sangat besar bagi perkembangan dan pertumbuhan anak.
4. Menurut anda, apakah tujuan pendidikan di Indonesia sudah terealisasi seperti yang diharapkan?
Jawab : Belum. Tujuan pendidikan nasional ialah membentuk manusia yang memiliki kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketiga tujuan tersebut belum terealisasi sepenuhnya karena pendidikan masih belum merata. Misalnya saja masyarakat yang tinggal di pedalaman. Mereka kebanyakan sangat sulit untuk mengenyam bangku persekolahan karena akses yang begitu sulit.
5. Apakah yang dimaksud dengan Manusia sebagai makhluk PAEDAGOGIK?
Jawab: Mahluk paedagogik ialah mahluk Allah yang dilahirkan membawa potensi dapat dididik dan dapat mendidik. Mahluk itu adalah manusia. Sehingga mampu menjadi khalifah di bumi, pendukung dan pengembang kebudayaan.
6. Sebutkan tujuan Pendidikan menurut Aristoteles?
Jawab: Aristoteles mempunyai tujuan pendidikan yang mirip dengan Plato, tetapi ia mengaitkannya dengan tujuan negara. Ia mengatakan bahwa tujuan pendidikan haruslah sama dengan tujuan akhir dari pembentukan negara yang harus sama pula dengan sasaran utama pembuatan dan penyusunan hukum serta harus pula sama dengan tujuan utama konstitusi, yaitu kehidupan yang baik dan yang berbahagia.
7. Mengapa tujuan yang ingin dicapai harus dinyatakan secara jelas?
Jawab: Kerena bila tidak mempunyai tujuan yang jelas untuk dicapai, maka prosesnya akan mengabur.
8. Sebuatkan ciri-ciri tujuan pendidikan Nasiona!
Jawab: a.Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b.Berbudi pekerti luhur
c.Memilki pengetahuan dan keterampilan
d.Sehat jasmani dan rohani
e.Keperibadan yang mantap dan mandiri
f.Bertanggung jawab terhadap masyarakat dan bangsa
9. Pada Pasal 15,tertulis, "Pendidikan menengah diselenggarakan untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar serta menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan …
Jawab : Mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar serta dapat mengembangkan kemampuan lebih lanjut dalam dunia kerja atau pendidikan tinggi.
10. Tujuan aspek kognitif berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu ….
Jawab: Mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk menghubungakan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut.
Demikianlah Artikel PENGANTAR PENDIDIKAN DASAR
Sekianlah artikel PENGANTAR PENDIDIKAN DASAR kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel PENGANTAR PENDIDIKAN DASAR dengan alamat link http://kumpulanmakalahlengakap.blogspot.com/2014/01/pengantar-pendidikan-dasar.html
PENGANTAR PENDIDIKAN DASAR