Advertisement
KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTER
KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTER - Hallo sahabat
Kumpulan Makalah Lengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTER, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel RPP FISIKA SMA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTERlink :
KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTER
Baca juga
KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTER
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum-hukum Gaya dan Gerak
Kelas / Semester : X / I
Pertemuan / Waktu : Ke-5 / 2 × 45 menit
A. Kompetensi Dasar
2.2 Menghitung Gerak Lurus
B. Indikator
« Mendefinisikan pengertian gerak lurus
« Membedakan jarak dan perpindahan
« Membedakan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
C. Materi Essensial
« Perpindahan (Halaman 25)
« Kelajuan dan Kecepatan (Halaman 26)
D. Media Belajar
« Buku FISIKA 1 SMK Kelas X (Sutejo, S.Pd)
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan (5 menit)
« Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
« Menagih tugas pada pertemuan sebelumnya.
2. Kegiatan Inti (80 menit)
« Memahami konsep jarak dan perindahan
« Memahami perbedaan kelajuan dan kecepatan
« Mempelajari Contoh Soal 2.3
3. Penutup (5 menit)
« Memberikan motivasi untuk mengulang pelajaran di rumah
4. Pekerjaan Rumah
« Soal Latihan 2.2 (Halaman 33)
Soal Uji Kompetensi
1. Koordinat titik A, B, C, D, dan E adalah (-8,0), (-2,0) (2,0), (7,0) dan (9,0). Tentukan jarak yang ditempuh dari titik B ke titik C melalui lintasan BABC dan lintasan langsung BC!
2. Untuk soal No. 1. Tentukan perpindahan dari C ke A dan dari D ke E!
3. Tentukan panjang jalan yang ditempuh oleh sebuah titik setelah bergerak selama 6 detik dengan kecepatan tetap 10 cm/s!
4. Sebuah benda bergerak selama t detik yang memenuhi persamaan 2t2 - 4t = 16. Jika panjang lintasan yang ditempuh sejauh 5 m, tentukan berapa kecepatannya!
5. Gerak sebuah benda dinyatakan dalam persamaan 15x2 - 45x + 150 = 0. Jika nilai xterkecil dianggap x1 dan x dalam meter. Tentukan:
a). Perpindahan benda tersebut!
b). Kecepatan rata-rata dalam selang waktu t1 = 3 detik dan t2 = 5 detik!
Kunci Jawaban
1. Penyelesaian:
« Jarak B Ã C, melalui lintasan BABC = lintasan BA + lintasan AB + lintasan BC
= [(-8) – (-2)] + [(-2) – (-8)] + [2 – (-2)]
= 6 + 6 + 4
= 14 satuan
« Jarak B Ã C, melalui lintasan BC = [2-(-2)]
= 4 satuan
Jadi jarak B ke C melalui lintasan BABC adalah 14 satuan dan melalui lintasan BC adalah 4 satuan
2. Penyelesaian:
« Perpindahan C Ã A = A – C
= (-8) – 2
= -10 satuan
« Perpindahan D Ã E = E – D
= 9 – 7
= 2 satuan
Jadi perpindahan dari C ke A adalah 10 satuan ke kiri dan perindahan D ke E adalah 2 satuan ke kanan
3. Diketahui:
t = 6 s v = 10 cm/s
Ditanyakan: s ...? | Jawab |
Jadi panjang jalan yang ditempuh adalah 60 cm
4. Diketahui:
t às = 5 m
Ditanyakan: v ...? Jawab | Dari persamaan tersebut didapat waktu yang mungkin adalah 4 detik
Sehingga kecepatannya adalah:
Jadi kecepatan benda tersebut adalah 1,25 m/s
|
5. Diketahui:
t1 = 15 detik t2 = 30 detik
Ditanyakan: a) Δx b) | Penyelesaian: |
a) Δx = x2 – x1 = 10 – 5 = 5 m
Jadi jarak benda tersebut adalah 5 m | b)
Jadi kecepatan benda tersebut adalah 2,5 m/s |
Bandung, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. E. Haetami, M.Ag Agun Gunawan, STP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum-hukum Gaya dan Gerak
Kelas / Semester : X / I
Pertemuan / Waktu : Ke-6 / 2 × 45 menit
A. Kompetensi Dasar
2.1 Menghitung Gerak Lurus
B. Indikator
« Menganalisis karakteristik gerak lurus beraturan (GLB)
« Menganalisis gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
« Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan
C. Materi Essensial
« Gerak Lurus Beraturan (Halaman 27)
« Gerak Lurus Berubah Beraturan (Halaman 29)
D. Media Belajar
« Buku FISIKA 1 SMK Kelas X (Sutejo, S.Pd)
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan (5 menit)
« Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
« Menagih tugas pada pertemuan sebelumnya.
2. Kegiatan Inti (80 menit)
« Memahami karakteristik GLB melalaui persmaan dan grafik
« Memahami karakteristik GLBB melalui persamaan dan grafik
« Mempelajari Contoh Soal 2.4
3. Penutup (5 menit)
« Memberikan motivasi untuk mengulang pelajaran di rumah
4. Pekerjaan Rumah
« Soal Latihan 2.2 (Halaman 33)
Soal Uji Kompetensi
1. Tentukan panjang jalan yang ditempuh oleh sebuah titik setelah bergerak selama 6 detik dengan kecepatan tetap 10 cm/s!
2. Sebuah benda bergerak lurus berubah beraturan. Setelah 10 detik, panjang lintasan yang ditempuh adalah 230 m dan kecepatannya 105 dm/s. Tentukan kecepatan awal dan percepatannya!
3. Dua titik materi A dan B bergerak dengan kecepatan tetap sepanjang garis LM yang memiliki panjang 4,8 m. Diketahui kecepatan A 6 cm/s dan berangkat 10 detik lebih dulu dari B yang berkecepatan 8 cm/s.
a). Tentukan dimana B menyusul A
b). Jika B sampai di M lalu kembali dengan kecepatan tetap, tentukan dimana B bertemu A setelah kembali dari M.
4. Sebuah mobil mula-mula bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Kemudian mobil itu tiba-tiba direm sampai berhenti setelah 2 detik. Tentukan:
a). Perlambatan mobil tersebut!
b). Jarak yang ditempuh mobil tersebut sampai berhenti!
5. Dara pergi dari Tasik menuju Jakarta menggunakan Kereta Api Express yang memiliki gerak lurus berubah beraturan dipercepat pada 40 km/jam2 tanpa kecepatan awal. Pada saat yang sama Gustavo pergi dari Bandung menuju Jakarta menggunakan Kereta Api Argo Willis yang memiliki gerak lurus berubah beraturan dipercepat pada 20 km/jam2 dengan kecepatan awal 50 km/jam. Jika rute Tasik – Bandung – Jakarta merupakan lintasan lurus dan jarak dari Tasik ke Bandung adalah 100 km. Tentukan kapan dan dimana mereka bertemu!
Kunci Jawaban
1. Diketahui: t = 6 detik
v = 10 dm/s
Ditanyakan: S ...?
Jawab
Jadi panjang jalan yang ditempuh adalah 10 dm
2. Diketahui:
t = 10 s S = 230 m vt = 105 dm/s = 10,5 m/s
Ditanyakan: a) kecepatan awal (v0) ... ? Jawab
|
b). Percepatan (a) ... ? Jawab |
Jadi kecepatan awal benda tersebut adalah 35,5 m/s dan percepatannya -2,5 m/s2 (mengalami perlambatan)
3. Diketahui: LM = 4,8 m
vA = 6 cm/s
tB = tA – 10
vB = 8 cm/s
a). Ditanyakan: Posisi B menyusul A ... ? Jawab
Titik materi A: Titik Materi B:
B menyusul A pada saat SA = SB, maka:
Jadi B menyusul A pada jarak 240 cm dari titik L
b). Ditanyakan: Posisi B bertemu A ... ? Jawab
| B mencapai M selama:
Pada waktu 60 s, A mencapai:
Dengan demikian maka tA’ = tB’ = t
Titik materi A: Titik Materi B:
B menyusul A pada saat SA = SB, maka:
Jadi mereka bertemu pada jarak 445,8 cm dari titik L |
4. Diketahui:
v0 = 10 m/s vt = 0 t = 2 s
a) Ditanyakan: a ... ? Jawab Jadi perlambatannya adalah 5 m/s2 | b) Ditanyakan: ... ? Jawab
Jadi jarak yang ditempuh saat mobil tersebut berhenti adalah 10 m |
5. Diketahui: aD = 40 km/jam2
v0D = 0
S0D = 0
aG = 20 km/jam2
v0G = 50 km/jam
S0G = 100 km
Ditanyakan: S dan t ...?
Penyelesaian: Analisis Dara:
Analisis Gustavo:
| Syarat bertemu: SD = SG, maka:
Waktu yang dipakai adalah t1 (nilai positif), maka:
Jadi mereka bertemu pada jarak 200 km dari Tasik setelah mencapai 10 jam |
Bandung, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. E. Haetami, M.Ag Agun Gunawan, STP.
Demikianlah Artikel KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTER
Sekianlah artikel KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTER kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTER dengan alamat link http://kumpulanmakalahlengakap.blogspot.com/2013/10/kumpulan-rpp-fisika-kimia-lengkap-smk.html
KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTER