Blog Pendidikan Indonesia
Advertisement
PEMBAGIAN JAM KOMPONEN PRODUKTIF
PEMBAGIAN JAM KOMPONEN PRODUKTIF - Hallo sahabat
Kumpulan Makalah Lengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PEMBAGIAN JAM KOMPONEN PRODUKTIF, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel kurikulum, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
PEMBAGIAN JAM KOMPONEN PRODUKTIFlink :
PEMBAGIAN JAM KOMPONEN PRODUKTIF
Baca juga
PEMBAGIAN JAM KOMPONEN PRODUKTIF
1. Dasar Kompetensi Kejuruan
Untuk pengelompokan mata pelajaran gunakan SK / KD yang diterbitkan oleh PSMK. Standar Kompetensi (SK) yang ada dimasukkan dalam kolom mata pelajaran sedangkan Kompetensi Dasar (KD) dimasukkan ke dalam kolom KD. Untuk mempermudah pembuatan dapat menggunakan program microsoft excel.
No. | Mata Pelajaran/SK | KD | ∑ jam /pertemuan | ∑ pertemuan | Total jam Pembelajaran | TM | PS | PI | Total Jam Terstruktur |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) |
1 | Memahami Dasar-dasar multimedia | Memperagakan Pengetahuan dan Syarat – Syarat Multimedia | 6 | 19 | 114 | 54 | 60 | | 84 |
2 | Mengidentifikasi Komponen Multimedia | | | | | | |
3 | Memilih dan Memakai Software dan Hardware untuk Multimedia | | | | | | |
2. Kompetensi Kejuruan
No. | Mata Pelajaran | Unit Kompetensi | ∑ jam /pertemuan | ∑ pertemuan | Total jam Pembelajaran | TM | PS | PI | Total Jam Terstruktur |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) |
1 | Meengoperasian Periferal | Mengoperasikan periferal untuk pembuatan grafis | 4 | 76 | 304 | 96 | 208 | 100 | 225 |
Mengoperasikan periferal web |
Mengoperasikan periferal multimedia |
Mengoperasikan periferal animasi 3D |
Mengoperasikan periferal perekam suara |
Mengoperasikan periferal perekam gambar |
2 | Melakukan Entry data | Melakukan entry data [grafis] dengan menggunakan Image scanner (Level 1) | 2 | 57 | 114 | 46 | 68 | 40 | 95 |
Melakukan entry data [web] dengan menggunakan Image scanner (Level 2) |
Melakukan entry data [multimedia] dengan menggunakan Image scanner (Level 2) |
3 | Mengoperaskan software Grafis | Mengoperasikan software pengolah gambar vektor (digital illustration) | 5 | 38 | 190 | 90 | 100 | 100 | 165 |
Mengoperasikan software pengolah gambar raster (digital imaging) |
4 | Mengoperasikan Web | Mengoperasikan software web design | 6 | 19 | 114 | 48 | 66 | 40 | 91 |
5 | Mengoperasikan software pembuatan Animasi | Mengoperasikan software 2D animation | 5 | 57 | 285 | 105 | 180 | 60 | 210 |
Mengoperasikan software basic 3D animation (Level 1) |
Mengoperasikan software model 3D animation (Level 2) |
6 | Mengoperasikan FTP | Mengoperasikan software FTP | 4 | 19 | 76 | 24 | 52 | 40 | 60 |
7 | Mengoperasikan Software Presentasi | Mengoperasikan software presentasi (Level 2) | 4 | 19 | 76 | 24 | 52 | 40 | 60 |
8 | Mengoperasikan software Audio Vidio | Mengoperasikan software multimedia | 6 | 38 | 224 | 78 | 146 | 100 | 176 |
Mengoperasikan software digital audio |
Mengoperasikan software digital video |
9 | Mengoperasikan software Visual Efek | Mengoperasikan software visual effects | 8 | 19 | 152 | 48 | 104 | 80 | 120 |
| | | | | | | | 600 | 1202 |
Kolom 1 : Diisi dengan nomor urut
Kolom 2 : Diisi dengan nama mata pelajaran (hasil analisis pengelompokan kompetensi/clustering yang ditetapkan oleh Direktorat PSMK). Nama mata pelajaran merupakan nama standar kompetensi. Sesuaikan nama SK dengan yang dikeluarkan oleh PSMK berdasarkan Spektrum yang baru tahun 2008.
Kolom 3 : Diisi dengan sejumlah Kompetensi Dasar (KD) (kolom 2)
Kolom 4 : Diisi dengan jumlah kebutuhan jam per pertemuan (berdasarkan empirik dan hasil analisis silabus). Perlu diperhatikan jika dalam 1 mata pelajaran terdapat 3 SK
Kolom 5 : Diisi dengan prediksi jumlah / frekuensi pertemuan. (Frekuensi pertemuan bukan merupakan satuan dalam minggu)
Kolom 6 : Diisi dengan hasil perkalian kolom 4 dan 5. Jam total merupakan jam ril yang diperlukan untuk pelaksanaan pembelajaran di sekolah untuk teori (TM) dan praktik di sekolah (PS).
Kolom 7 dan 8 : Diisi dengan alokasi jam untuk TM, PS yang merupakan distribusi dari Total jam (kolom 6)
Kolom 9 : Diisi dengan estimasi jam untuk PI
Kolom 10 : Diisi dengan hasil perhitungan jam terstruktur dengan rumus = TM + PS + PI
1 2 4
Berdasarkan Tabel diatas selanjutnya kolom 4 dan 5 dapat digunakan untuk menyusun jadwal pelajaran. Penyusunan jadwal mata pelajaran harus memperhatikan urutan kompetensi yang tertera pada diagram pencapaian kompetensi. Pelaksanaan sistem blok dapat dilakukan dengan menjumlahkan total jam TM dan PS dan mendistribusikan total jam tersebut sesuai dengan blok waktu yang diinginkan.
Sedangkan kolom 10 merupakan alokasi jam yang tertera pada struktur kurikulum
Demikianlah Artikel PEMBAGIAN JAM KOMPONEN PRODUKTIF
Sekianlah artikel PEMBAGIAN JAM KOMPONEN PRODUKTIF kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel PEMBAGIAN JAM KOMPONEN PRODUKTIF dengan alamat link http://kumpulanmakalahlengakap.blogspot.com/2012/04/pembagian-jam-komponen-produktif.html
PEMBAGIAN JAM KOMPONEN PRODUKTIF