Advertisement
METODE PEMBELAJARAN TERBARU 2014
METODE PEMBELAJARAN TERBARU 2014 - Hallo sahabat
Kumpulan Makalah Lengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul METODE PEMBELAJARAN TERBARU 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Guru,
Artikel Metode,
Artikel Pendidikan,
Artikel Tips-Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul :
METODE PEMBELAJARAN TERBARU 2014link :
METODE PEMBELAJARAN TERBARU 2014
Baca juga
METODE PEMBELAJARAN TERBARU 2014
Metode secara etimologis berasal dari kata 'met' dan 'hodes' yang berarti melalui. Sedangkan istilah metode adalah jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan menurut Drs. Agus M. Hardjana Metode berarti cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai.
Metode Pembelajaran Terbaru 2014
Adapun pengertian dari pembelajaran menurut Rahil Mahyuddin adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.
Metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya proses pembelajaran (Sudjana, 2005:76). Metode pembelajaran merupakan suatu strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.
a. Metode ceramah
Metode ini pasti sudah tidak asing lagi di kalangan pendidik. Metode ini dilakukan dengan cara menyajikan pelajaran melalui penuturan secara lisan atau penjelasan langsung oleh guru kepada siswa.
b. Metode Demonstrasi
Metode ini merupakan metode yang dilakukan dengan cara menyajikan pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan suatu proses, situasi, atau benda tertentu, baik sebenarnya, maupun tiruan, sehingga pelajaran yang diajarkan akan lebih mudah dipahami oleh siswa.
c. Metode Diskusi
Metode diskusi yaitu metode pembelajaran yang dilakukan guru dengan cara memberikan siswa sebuah permasalahan. Tujuan utama metode ini adalah untuk memecahkan suatu permasalahan, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan siswa, serta untuk membuat suatu keputusan.
d. Metode Simulasi
Metode ini dimaksudkan untuk memahami konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu dengan cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan. Jenis-jenis simulasi yaitu:
- Simulasi sosiodrama, yaitu metode pembelajaran bermain peran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial.
- Simulasi psikodrama, yaitu metode pembelajaran dengan bermain peran yang bertitik tolak dari permasalahan-permasalahan psikologis.
- Simulasi role playing, yaitu metode pembelajaran bermain peran sebagai bagian dari simulasi yang di arahkan untuk rekreasi peristiwa sejarah, peristiwa aktual, atau kejadian-kejadian yang mungkin muncul pada masa yang akan datang (Sanjaya, 2006: 18-22).
e. Metode Belajar sambil Bermain
yaitu metode yang menggunakan berbagai permainan dalam proses pembelajaran. Permainan tersebut diantaranya bisa dibuat sendiri dengan menggunakan alat dan bahan sederhana sehingga siswa tertarik dan senang dalam belajar. Dan dalam pembuatan permainan tersebut harus dikaitkan dengan psikologis siswa, baik kognitif, afektif, maupun psikomotor.
f. Metode Resitasi
Metode Resitasi adalah suatu metode pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri. Dengan metode resitasi ini siswa akan memberanikan diri menulis dengan caranya sendiri, bertanggung jawab dengan hasil tulisannya dan akan selalu ingat dengan materi yang diajarkan.
g. Metode Eksperimental
Yaitu suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.
h. Metode Study Tour (Karya wisata)
Yaitu suatu metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek-obyek wisata guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh guru.
i. Metode Latihan Keterampilan
Metode ini merupakan suatu metode mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada peserta didik, dan mengajaknya langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: membuat keranjang dari bambu, dan lain-lain).
j. Metode Pengajaran Beregu
Yaitu sebuah metode mengajar yang mana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas tertentu. Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai kordinator.
k. Metode Pemecahan Masalah
Metode problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir untuk menggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh siswa. Seorang guru harus pandai-pandai merangsang siswanya untuk mencoba mengeluarkan pendapatnya.
l. Project Method
Metode ini adalah metode perancangan adalah suatu metode mengajar dengan meminta peserta didik merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian.
Demikian Metode PembelajaranTerbaru 2014 yang di kutip dari berbagai sumber. Semoga dengan adanya metode-metode tersebut siswa tidak bosan dan selalu semangat dengan pelajaran anda. Semoga bermanfaat dan terimaksih.
Anda juga dapat membaca Metide Pembelajaran lainnya disini.
Demikianlah Artikel METODE PEMBELAJARAN TERBARU 2014
Sekianlah artikel METODE PEMBELAJARAN TERBARU 2014 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel METODE PEMBELAJARAN TERBARU 2014 dengan alamat link http://kumpulanmakalahlengakap.blogspot.com/2014/07/metode-pembelajaran-terbaru-2014.html
METODE PEMBELAJARAN TERBARU 2014